Kamis 17 Dec 2020 12:10 WIB

Bangun Situs Web Berkualitas dengan Framework CodeIgniter

Workshop ini diikuti mahasiswa semester 3 Prodi RPL UBSI.

Kampus UBSI  menggelar workshop yang mengusung tema
Foto: Dok UBSI
Kampus UBSI menggelar workshop yang mengusung tema "Membangun Website Berkualitas Dengan Framework CodeIgniter".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situs web merupakan sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan sekumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar workshop yang mengusung tajuk ‘Membangun Website Berkualitas Dengan Framework CodeIgniter’ Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Selasa (15/12). Workshop itu menghadirkan Darsono selaku Deputy of Education Department  PHPID.

Dalam kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa semester 3 Prodi RPL UBSI ini, Darsono membahas teori umum seperti tahapan merancang membangun website menggunakan framework CodeIgniter dan menjelaskan bagaimana membuat sebuah website menjadi website yang berkualitas.

“Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet. Untuk website sendiri dibagi menjadi dua tipe, yakni  statis dan dinamis,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, bahwa CodeIgniter sebagai bahasa pemrograman yang berisi Yii, Laravel, Symfony, Zen, Phalcon, dan Fuelphp. 

“Bahasa pemrograman lainnya HTML, CSS, Java, JavaSrcipt, PHP, Python,C++ dan masih banyak lagi,” pungkasnya.

Darsono mengajak peserta untuk mencoba membuat sebuah situs web dengan menggunakan framework CodeIgniter. 

Ahmad Setiadi,  kepala Program Studi Pekayasa Perangkat Lunak (RPL) kampus UBSI mengapresiasi peserta. Walaupun dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom, acara ini diikuti secara antusias oleh peserta.

"Semoga dengan webinar ini peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai perancangan pembuatan website yang berkualitas menggunakan framework Codeigniter," ujar Setiadi.

Ia berharap, dengan adanya workshop ini mahasiswa prodi RPL kampus UBSI semakin termotivasi untuk mengikuti kegiatan perkuliahan serta memiliki wawasan mengenai peluang kerja khususnya pada bidang rekayasa perangkat lunak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement