Rabu 16 Dec 2020 08:30 WIB

Mahasiswa KKN UBSI Sukabumi Beri Pelatihan Digitalisasi

Pelatihan juga mencakup mentoring UMKM  untuk pemasaran online.

Mahasiswa KKN kampus UBSI Sukabumi memberikan  pelatihan digitalisasi dan mentoring kepada warga Kampung Ciambar Kolot, Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Dok UBSI
Mahasiswa KKN kampus UBSI Sukabumi memberikan pelatihan digitalisasi dan mentoring kepada warga Kampung Ciambar Kolot, Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pesatnya perkembangan teknologi menuntut kondisi lingkungan masyarakat harus dapat beradaptasi dengan persaingan yang sangat ketat dalam berbagai bidang. 

Hal ini yang menggerakkan mahasiswa kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Sukabumi melalui program Kerja Kuliah Nyata (KKN) mengadakan pelatihan dan mentoring kepada warga Kampung Ciambar Kolot RT  03/06, Sukabumi dengan tema ‘Meningkatkan Kualitas SDM dengan Digitalisasi’. Kegiatan tersebut digelar selama tujuh hari berturut-turut dimulai tanggal 1-7 Desember 2020. 

Pelatihan yang diberikan berupa design grafis untuk digital marketing, pemanfaatan aplikasi Microsoft Office dalam kegiatan organisasi, serta mentoring Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pemasaran online. Selain itu, untuk mengisi waktu luang anak-anak sekolah di masa pandemi saat ini, mahasiswa juga antusias memberikan pelatihan pembuatan kerajinan dengan memanfaatkan kain flanel. 

Aira Elzahra selaku ketua pelaksana dalam KKN ini menuturkan, kegiatan ini merupakan wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Dalam digitalisasi saat ini, kita sebagai mahasiswa harus mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan kepada masyarakat, terutama teknologi yang berkembang pesat. Pelatihan dan mentoring yang telah kami lakukan merupakan bentuk digitalisasi kepada warga untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan sehari-hari,”  ujarnya mellaui rilis, Selasa (15/12). 

Sementara itu, Suparkah selaku kepala desa Ciambar menyambut baik kegiatan KKN yang dilakasanakan di lingkungannya.

“Terima kasih telah memilih Desa Ciambar menjadi tempat KKN. Kami selaku pemerintah desa tentunya menyambut baik adanya kegiatan ini karena dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kami,” tuturnya.

Denny Pribadi  sebagai pembimbing KKN dari Kampus UBSI Sukabumi menuturkan selain wujud implementasi pengabdian masyarakat, program KKN juga menjadi hal yang sangat penting dilalui oleh mahasiswa karena sebagai wujud implementasi langsung untuk dapat bersosialisasi dengan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement