Selasa 15 Dec 2020 06:26 WIB

Innalillahi... Rektor UMP Dr Anjar Nugroho Meninggal Dunia

Almarhum mengalami anfal sehingga langsung dilarikan ke RS Karyadi.

Rep: Eko Widiyatno / Red: Agus Yulianto
Rektor UMP Anjar Nugroho
Foto: Twitter
Rektor UMP Anjar Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Anjar Nugroho, meninggal dunia di Rumah Sakit Karyadi Semarang, Selasa (15/12) sekitar pukul 04.05 dinihari. "Almarhum meninggal karena sakit jantung," ujar Pembantu Rektor I UMP Dr Jebul Suroso.

Dia menyebutkan, almarhum berada di Semarang dalam rangka silaturrahmi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen Inf Bakti Agus Fadjari. "Dalam silaturrahmi ini, kami juga rencananya akan menyerahkan program beasiswa puteri-puteri anggota TNI dan warga Jateng," katanya.

Menurutnya, almarhum berangkat ke Semarang dari Purwokerto, pada Senin (14/12) malam selepas waktu Isya. Sebelum berangkat ke Semarang, pada sore harinya almarhum sempat memimpin rapat bersama pimpinan UMP dan juga puasa bersama bersama keluarganya.

"Almarhum berangkat dari Semarang bersama pembantu Rektor II Bidang Keuangan dan Aset Drs Ikhsan Mujahid MSi dan Wakil Rektor IV UMP Bidang Riset, Inovasi dan Sumber Daya Manusia, Dr Anwar Ma’ruf MT. Rencananya, saya baru akan menyusul pagi ini," ujar dia.

Namun sesampai di Semarang, almarhum mengalami anfal sehingga langsung dilarikan ke RS Karyadi. "Namun sesampai di rumah sakit, kondisi almarhum sudah tidak tertolong," ujarnya.

Menurut rencana, almarhum akan dimakamkan di pemakaman Istana Gola Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Sebelumnya, jenazah almarhum akan disemayamkan di Masjid UMP Dukuhwaluh.

Almarhum Dr Anjar Nugroho, lahir di Demak 8 Oktober 1975. Almarhum menjabat sebagai Rektor UMP, menggantikan Dr Syamsuhadi Irsyad tahun 2019, yang meninggal karena sakit.

Sebelum menjabat sebagai Rektor, sempat menduduki berbagai jabatan di UMP. Anyara lain, menjadi Wakil Rektor I Bidang Akademik UMP, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan (2012 – 2016), Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) (2009 – 2013) dan Pembantu Dekan I pada 2001 – 2004.

Anjar menyelesaikan Studi S3 di bidang Ilmu Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun 2017. Pendidikan S1-nya, ditempuh di Prodi Perbandingan Madzab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan pendidikan S2, almarhum mengambil program magister di dua perguruan tinggi sekaligus, yakni di Prodi Hubungan Internasional UMY dan Prodi Ilmu Politik di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement