Senin 14 Dec 2020 13:06 WIB

Kolaborasi Bisnis Online dan Jasa Logistik

Konsumsi masyarakat secara digital diproyeksi terus terjaga hingga masa pandemi berla

Pekerja mencatat kiriman buah jeruk di gudang jasa pengiriman barang. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO
Pekerja mencatat kiriman buah jeruk di gudang jasa pengiriman barang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi mendorong masyarakat untuk banyak berbelanja secara online. Bisnis kuliner UMKM dan jasa pengiriman barang ikut menikmati buah dari perubahan gaya hidup masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.

Tak heran, jalinan kerja sama antara pelaku bisnis dan penyedia jasa logistik kerap ditemui akhir-akhir ini. Seperti yang dilakukan Wahyoo dan PaketKu.

"Kerja sama ini tentunya sebagai salah satu upaya untuk memberikan pelayanan lebih baik bagi customer, terutama pada masa pandemi dimana masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas di rumah," ujar COO PaketKu, Rr Shanti Galuh, dalam keterangan tertulisnya. "Yang paling sering dilakukan adalah aktivitas dalam pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder dengan cara berbelanja online, termasuk belanja sayuran ataupun kebutuhan sehari-hari lainnya."

Wahyoo merupakan perusahaan agritech yang menyuplai bahan makanan hasil petani dan peternak lokal kepada para pelaku bisnis kuliner, dan menyuplai kebutuhan bagi masyarakat. Sementara PaketKu adalah perusahaan express delivery berbasis teknologi untuk pengiriman antarkota maupun antarpropinsi.

Berdasarkan hasil riset McKinsey & Company, 34 persen orang Indonesia mengakui adanya peningkatan belanja makanan secara daring. Kemudian, 30 persen orang Indonesia juga mengatakan belanja kebutuhan dasar secara daring mengalami peningkatan.

Shanti Galuh mengatakan tingginya angka konsumsi masyarakat secara digital ini diproyeksi akan terus terjaga hingga masa pandemi Covid-19 berlalu. Perusahaan jasa logistik bertanggug jawab memastikan kiriman diterima tepat waktu dan terjaga saat diterima oleh konsumen. "Oleh karena itu PaketKu menerapkan sistem delivery technology dengan menambah jasa armada dengan konsep crowdsourcing dan juga meningkatkan kerja sama dengan pelaku-pelaku bisnis online,” katanya.  

CEO Wahyoo, Peter Shearer, mengatakan kepuasan customer tidak boleh diabaikan sekalipun naiknya permintaan (belanja) saat ini. Memastikan customer menerima pesanan bahan makanan dalam keadaan baik dan fresh adalah salah satu hal yang paling penting bagi perusahaan. "Kiriman diterima tepat waktu dan terjaga saat diterima oleh konsumen," ucapnya.

Menurut Peter layanan pengiriman antarkota Jabodetabek, dengan ketepatan waktu diterima pada hari yang sama, same day services. Hal ini sangat ditentukan dari proses pengemasan hingga pengiriman. "Dengan memiliki tujuan yang sama diharapkan kerja sama PaketKu dengan Wahyoo bisa meningkatkan layanan yang lebih baik lagi."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement