Ahad 13 Dec 2020 14:00 WIB

Pemkot Tangerang Tambah Rumah Isolasi untuk Pasien OTG

Hotel Siti Karawaci ditetapkan menjadi tempat isolasi tambahan.

Rep: Eva Rianti / Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: Prayogi/Republika
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menyediakan rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) tambahan bagi pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Dengan penambahan tersebut tercatat kini ada 262 tempat tidur untuk pasien OTG yang disediakan di wilayah Kota Tangerang.

"Total tempat tidur untuk pasien KTG (konfirmasi tanpa gejala) menjadi 262 tempat tidur," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi dalam keterangan tertulis, dikutip Ahad (13/12).

Liza menjelaskan, jumlah tersebut merupakan akumulasi setelah Hotel Siti Karawaci turut dijadikan tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 kategori OTG. Tempat tidur bagi pasien OTG sebelumnya telah tersedia di tiga puskesmas, yakni Puskesmas Panunggangan Barat, Puskesmas Gebang Raya, dan Puskesmas Jurumudi. Lainnya di satu rumah perlindungan sosial (RPS).

"Kami juga menyiapkan tenaga medis, nutrisionis, serta tenaga administrasi dengan total keseluruhan 30 orang untuk dapat mengakomodir seluruh RIT yang ada di Kota Tangerang," tambahnya.  

 

Sebelumnya Liza menuturkan, pihaknya melakukan upaya antisipasi lonjakan kasus positif Covid-19 dengan menambah fasilitas tempat isolasi. Hotel Siti Karawaci akhirnya ditetapkan menjadi tempat isolasi tambahan dengan kapasitas 82 tempat tidur.

"Sebagai bagian dari persiapan mengantisipasi lonjakan pasien, maka Pemkot Tangerang menyiapkan Rumah Isolasi Terkonsentrasi di Hotel Siti yang khusus bagi pasien konfirmasi tanpa gejala," ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 revisi ke-5, seluruh pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan menjalankan perawatan selama sepuluh hari terhitung mulai saat dilakukannya uji RT PCR Covid-19.

Berdasarkan data Dinkes Kota Tangerang per Ahad (13/12) pukul 10.00 WIB, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Tangerang tercatat mencapai 3.467. Dari angka tersebut, 3.059 diantaranya terkonfirmasi sembuh. Sementara sebanyak 326 pasien masih dirawat dan 82 orang dinyatakan meninggal dunia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement