Rabu 09 Dec 2020 09:37 WIB

Pohon Beringin Tumbang di Bandung, Sempat Tutupi Jalan

Penyebab pohon beringin tumbang karena angin kencang.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, menebang pohon besar yang telah lapuk dan keropos
Foto: Edi Yusuf/Republika
Petugas Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, menebang pohon besar yang telah lapuk dan keropos

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebuah pohon beringin jenis Ganitri dengan tinggi 6 meter di Jalan Cicendo, Kota Bandung, tepatnya di depan Rumah Sakit Cicendo tumbang akibat angin kencang sekitar pukul 18.30 Wib. Akibatnya, pohon tersebut sempat menutupi akses jalan bagi kendaraan kendaraan yang hendak melintasi jalur.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Yusuf Hidayat mengatakan pihaknya menerima laporan pohon tumbang dari masyarakat sekitar pukul 18.37 WIB dan langsung menuju lokasi. Menurutnya, penyebab pohon tumbang akibat angin kencang.

"Menurut warga, pohon tiba-tiba tumbang menghalangi setengah bagian jalan Cicendo, sebelumnya angin kencang dan hujan rintik-rintik," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (8/12).

Ia mengatakan, pihaknya menerjunkan 2 unit tim untuk menangani masalah pohon  tumbang saat berada di lokasi langsung memotong pohon agar tidak menghalangi jalan.

Menurutnya, petugas Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan selanjutnya mengambil alih proses pembersihan pohon tumbang. "Tidak ada korban dalam kejadian tersebut," katanya.

Yusuf mengatakan, penanganan selesai sekitar pukul 20.10 atau sekitar 70 menit. Ia mengatakan, pihaknya selanjutnya melakukan pendataan, pengecekan peralatan dan kelengkapan personil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement