Rabu 02 Dec 2020 07:09 WIB

Top 5 News: Anies Positif Covid-19, Ahok Beli Tanah Pemprov

Gubernur Banten sindir Anies saat membahas kerumunan di haul akbar Syekh Abdul Qadir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Foto:

5. Mualaf Islandia Linda, Ateis Temukan Damai dalam Berislam

Perempuan ini menemukan hidayah Islam di negara sejauh 12 ribu kilometer dari tanah tempat kelahiran nya. Audur Linda Sonjudottir, demikian namanya, lahir 22 tahun lalu di Mosfellsbaer, sebuah kota kecil di Islandia. Saat dirinya masih kecil, ibu kandungnya meninggal dunia. Ia pun dibesarkan ayah dan ibu tirinya sebagai pemeluk Kristen.

Linda mengenang, masa kecilnya diwarnai kebahagiaan. Ia dan kedua saudaranya saat itu cukup taat beribadah. Kebiasaan itu terbangun berkat didikan orang tuanya. Keluarganya selalu rutin pergi ke tempat upacara keagamaan setiap akhir pekan.  

“Sejak kecil, saya termasuk orang yang taat beribadah. Setiap akhir pekan, kami selalu menyempatkan diri untuk hadir di tempat ibadah dan acara keagamaan tiap musim panas,” kata perempuan cantik ini kepada Republikabeberapa waktu lalu. 

Baca berita selengkapnya di sini.

BONUS 6. Mengurai Poso: Konflik Islam-Kristen, Santoso dan Tibo

Di berbagai media massa saat ini tersebar berita mengenai empat orang warga Desa Lembontonga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang menjadi korban pembunuhan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. Para korban dieksekusi langsung oleh Ali Kalora.

photo
Ilustrasi Konflik Sosial - (Republika On Line/Mardiah diah)

Pembunuhan ini memang sadis. Namun, bagi generasi milenal, mungkin tak paham bahwa di sana ada akar konflik yang sampai saat ini tak tuntas. Padahal, konflik Poso terjadi semenjak bergulirnya masa reformasi yang sudah berlangsung hampir selama 22 tahun.

Teringat soal tersebut, ada tulisan jurnalis senior Republika, Selamat Ginting. Artikel yang dimuat pada 1 Agustus 2016 diberi judul yang menohok "Neraka Poso: Konflik Islam-Kristen, Warga Keturunan, Santoso dan Tibo".

Harapan kami dengan dimuatnya kembali tulisan tersebut bisa menjadi renungan sedalam apa akar konflik di sana. Sekaligus juga untuk memahami cara penyelesainya.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement