Senin 23 Nov 2020 16:27 WIB

Pedagang Minta Lelang Pasar Baru Dikebut

PD Pasar Bermartabat mengakui memiliki keterbatasan dalam mengelola Pasara Baru.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Fuji Pratiwi
Pengunjung beraktivitas di dekat kios yang dikontrakan di Pasar Baru, Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Pedagang meminta lelang pengelolaan Pasar Baru dipercepat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pengunjung beraktivitas di dekat kios yang dikontrakan di Pasar Baru, Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Pedagang meminta lelang pengelolaan Pasar Baru dipercepat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pedagang Pasar Baru, Kota Bandung, Jawa Barat yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) berharap lelang pengelolaan pasar dapat dilaksanakan segera. Hal itu diharapkan agar pengelolaan Pasar Baru berjalan lebih bagus dan menguntungkan para pedagang.

Ketua HP2B Kota Bandung, Iwan Suhermawan mengatakan, para pedagang mengalami banyak kerugian sejak pengelolaan Pasar Baru dipegang oleh PD Pasar Bermartabat. Kondisi tersebut diperparah pandemi Covid-19 yang sudah berjalan delapan bulan terakhir.

Baca Juga

"Pelayanan buruk, tidak pengalaman mengurus Pasar Baru, masalah pemeliharaan gedung, keamanan, dan metode parkir acak-acakan," ujar Iwan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (23/11).

Ia mengatakan, para pedagang meminta inspektorat untuk memeriksa pengelola Pasar Baru sepanjang periode Januari-Desember 2019. Saat ini hanya sekitar 40 persen pedagang yang berjualan di Pasar Baru dari 5.000 lebih ruang dagang yang ada.

"Yang 40 persen pedagang, belum tentu lancar. Pedagang dan karyawan banyak nganggur," kata dia.

Iwan berharap lelang pengelolaan Pasar Baru bisa menjaring pengelola yang profesional, bonafide, dan mempunyai pengalaman mengurus pedagang. Tidak hanya sekedar mencari keuntungan tapi punya nilai ideal memajukan para pedagang Pasar Baru. Selain tentunya profesional dan peduli.

Sebelumnya, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat Kota Bandung mengungkapkan pengelolaan Pasar Baru Trade Center saat ini dalam proses tahap lelang. Beberapa pekan ke depan, PD Pasar Bermartabat akan membuka pendaftaran peserta lelang di media massa nasional.

"Kita siapkan feasibility study sejak 2018. Kita tunggu, mudah-mudahan dalam beberapa minggu ini pengumuman di surat kabar nasional untuk pembukaan peserta lelang," ujar Direktur PD Pasar Bermartabat, Herry Hermawan, Senin (23/11).

Calon pengelola Pasar Baru harus bisa merencanakan dan membangun pasar termasuk melakukan renovasi agar lebih layak. Ia mengatakan, sejak ditetapkan pemenang lelang maka harua melakukan perbaikan kepada Pasar Baru kurang lebih tiga tahun.

Ia mengatakan, potensi pengelolaan Pasar Baru masih sangat besar dengan ruang dagang sebanyak 4.400 unit dengan masa pengelolaan 25 tahun. Herry mengatakan, PD Pasar Bermartabat membuka lelang pengelolaan Pasar Baru sebab memiliki keterbatasan dalam pengelola pasar tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement