Selasa 17 Nov 2020 14:19 WIB

Desa Bojonggede Diteror Belasan Ular Kobra

Fahri resah dan waswas ular kobra berada di bawah kasur dan tertutup selimut.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Ular kobra ditemukan warga di dalam rumahnya di Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok
Ular kobra ditemukan warga di dalam rumahnya di Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Teror ular kembali meresahkan warga Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dalam sepekan, ditemukan belasan ular di Desa Bojonggede, mulai dari anakan hingga dewasa.

Seorang warga Desa Bojonggede, Rizki Maulana menjelaskan, selama sepekan ini total ditemukan 15 ekor ular kobra di rumahnya. “Kalau di sini total 15 ekor, kobra semua. Ukurannya ular mulai dari yang kecil atau anakan, hingga dewasa,” kata Rizki saat dikonfirmasi pada Selasa (17/11).

Sebagai pecinta reptil yang tergabung dalam komunitas Animal Education and Socialization, Rizki memprediksi di luar 15 ekor ulari ni, masih ada ular lain yang belum ditemukan.

"Prediksi saya mungkin sampai 25 ekor anakannya, yang ketemu sekarang kan baru 15, artinya masih ada sekitar 10 ekor lagi. Entah itu mati di dalam, atau mati dimakan binatang lain, kemungkinan juga masih berkeliaran,” jelasnya.

Rizki menceritakan, awalnya ular tersebut ditemukan dari lubang tikus di dapur rumahnya. Setelah tikus yang merupakan sumber makanannya habis, lubang-lubang bekas tikus itu ditempati oleh ular dan bertelur di sana.

Selain itu, ular-ular itu melubangi lantai dapurnya hingga ditemukan oleh Rizki dan istrinya. Dari ukuran ular yang ditemukan, diperkirakan jumlah ular yang berada di sana lebih sari satu.

“Suatu hari saya lagi sama istri di dapur, istri saya teriak ada ular, kebetulan ketemu satu ular kobra pertama. Berdasarkan ukuran si ular saya yakin pasti nggak satu nih. Eh nggak tahunya ternyata sampai 15 ekor,” tuturnya.

Meski terbiasa menangani reptil termasuk ular, Rizki sendiri tetap khawatir ketika di rumahnya ditemukan ular kobra. Sebab, hal itu bisa membahayakan anak dan istrinya.

Warga lainnya, Yati mengungkapkan sudah lima kali menemukan ular di dapur dan kamar mandi rumahnya dalam keadaan merayap. "Bukan sekali dua kali di kamar mandi ketemunya dalam keadaan merayap. Tapi setiap kaget pasti ularnya dalam posisi bangun gitu," kata Yati.

Selain Yati, warga yang lain, Fahmi juga menemukan seekor anak ular kobra di kamar tidurnya. Saat ditemukan, ular tersebut berada di bawah kasur dan tertutup selimut. Karena resah dan waswas, akhirnya Fahmi mengevakuasi anak dan istrinya terlebih dahulu.

“Sekarang saya ungsikan dulu keluarga, istri juga trauma gitu sih," tukas Fahmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement