Sabtu 14 Nov 2020 09:20 WIB

Penyebab Kebakaran di Ruko di Jakbar Dipicu Korek Api

korban tewas usia 11 tahun bermain korek api kemudian tersambar kasur dan terbakar.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kebakaran terjadi di Palmerah, Jakarta Barat (ilustrasi).
Foto: Tangkapan layar dari video warga
Kebakaran terjadi di Palmerah, Jakarta Barat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Barat (Jakbar) menduga korban bermain korek api adalah penyebab kebakaran rumah toko (ruko) di Tamansari, Jakbar pada Jumat (13/11) malam WIB, yang menewaskan seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun.

"Diduga korban bermain korek api kemudian tersambar kasur dan terbakar," kata Kasie Pengendalian Damkar Jakbar, Eko Sumarno, di Jakarta, Sabtu (14/11).

Korban bernama Muhammad Yusuf Firmansyah, tewas dalam musibah kebakaran di ruko yang dijadikan tempat kos di Jalan Kebon Jeruk 19, Kelurahan Maphar, Kecamatan Tamansari, Jakbar pada Jumat sekitar pukul 21.05 WIB.

Informasi penyebab kebakaran dihimpun dari tempat kejadian yang diduga berawal saat korban bermain korek api dan menyambar ke kasur. "Saat kejadian korban sedang ditinggal oleh ibunya yang sedang membeli makan," kata Eko.

 

Menurut Eko, area yang terbakar itu di lantai dua dari ruko empat lantai tersebut seluas 60 meter persegi. Sebanyak 10 unit mobil dikerahkan ke lokasi guna memadamkan api dan mengevakuasi jasad korban.

Sementara lima korban lain yang terjebak dalam ruko berhasil diselamatkan petugas. "Api dapat dipadam sekitar 30 menit kemudian. Sedangkan untuk penyebab pasti masih harus menunggu penyelidikan kepolisian," kata Eko.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement