Sabtu 07 Nov 2020 01:10 WIB

Labkesda Tangerang Gratiskan Tes Swab

Sehari Labkesda Tangerang bisa periksa 350 pasien sehari.

Petugas kesehatan memeriksa sampel tes usap PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang, Banten, Kamis (5/11/2020). Dalam sehari  Labkesda Kota Tangerang mampu menerima 350 spesimen tes usap yang berasal dari puskesmas dan rumah sakit di wilayah Tangerang.
Foto: ANTARA/Fauzan
Petugas kesehatan memeriksa sampel tes usap PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang, Banten, Kamis (5/11/2020). Dalam sehari Labkesda Kota Tangerang mampu menerima 350 spesimen tes usap yang berasal dari puskesmas dan rumah sakit di wilayah Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Kesehatan Daerah (UPT Labkesda) Kota Tangerang melayani pemeriksaan swab gratis bagi masyarakat. Masyarakat cukup membawa surat rujukan dari rumah sakit maupun puskesmas yang menyarankan tes swab.

"Tes swab di Labkesda gratis namun harus memiliki surat rujukan dulu baru bisa, karena kami tidak melayani secara individu,” kata Kepala UPT Labkesda Kota Tangerang, dr Lulik Sri Adarini di Tangerang, Jumat (6/11).

Baca Juga

Ia mengatakan Labkesda Kota Tangerang telah melakukan pemeriksaan lebih dari 20 ribu sampel dengan kapasitas 300-350 sampel setiap harinya. Ada sejumlah alat penunjang yang dimiliki di antaranya biosafety tingkat dua, dua ekstraktor, tiga Polymerase Chain Reaction (PCR), Laminar Air Flow (LAF) dan Master Mix.

"Kami juga bisa melayani pemeriksaan pasien hingga 350 setiap hari," kata Lulik.

Ditambahkannya jika UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang mendapatkan apresiasi dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk Kategori Lembaga Penilaian Kesesuaian pada Bulan Mutu Nasional beberapa waktu lalu. Pemberian apresiasi tersebut karena Labkesda Kota Tangerang telah berkontibusi positif dalam penanganan Covid-19.

"Apresiasi ini diberikan karena kami masuk dalam kategori yang diberikan BSN. Seperti, kontribusi positif dalam penanganan Covid-19, komitmen dalam penerapan SNI dan fasilitas serta perlengkapan yang memadai dengan dukungan 15 analis," kata dia.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN yakni Heru Suseno dalam keterangannya menjelaskan selain dari kesigapan sumber daya manusia dan fasilitas yang mumpuni, Labkesda Kota Tangerang juga memiliki komitmen besar untuk turut berperan dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Selain dari tenaga dan fasilitas, Labkesda Kota Tangerang sangat kompeten karena Labkesda ini sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional. Dan apa yang diupayakan Pemkot melalui Labkesda memenuhi kriteria penghargaan yang BSN berikan," kata Heru.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement