Jumat 16 Oct 2020 10:00 WIB

Bus Transjakarta Alihkan Beberapa Rute

Transjakarta modifikasi rute layanannya karena ada demo di sekitar Istana Presiden

Rep: Flori sidebang / Febryan. A/ Red: Esthi Maharani
Bus Transjakarta melintas  di Halte Bundaran Hotel Indonesia saat proses perbaikan halte yang dibakar masa aksi saat unjuk rasa penolakan pengesahan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja pada (8/10) di Jakarta, Senin (12/10). Halte tersebut mulai beroperasi kembali hari ini dengan kapasitas operasional 50 persen selama masa perbaikan yang ditargetkan rampung lima minggu yang akan datang. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Bus Transjakarta melintas di Halte Bundaran Hotel Indonesia saat proses perbaikan halte yang dibakar masa aksi saat unjuk rasa penolakan pengesahan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja pada (8/10) di Jakarta, Senin (12/10). Halte tersebut mulai beroperasi kembali hari ini dengan kapasitas operasional 50 persen selama masa perbaikan yang ditargetkan rampung lima minggu yang akan datang. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan pengalihan beberapa rute layanan armada bus. Hal itu dilakukan lantaran adanya aksi unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja di sekitar Istana Negara dan Patung Kuda, Jakarta, Jumat (16/10).

"Terkait adanya kegiatan aksi unjuk rasa yang rencananya akan berlangsung hari ini di sekitar Patung Kuda dan Istana Presiden serta penutupan jalur di sekitar lokasi, maka Transjakarta modifikasi rute layanannya," kata Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta, Prasetia Budi dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Prasetia menuturkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk memastikan keamanan pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional Transjakarta hari ini. Dia menyebut, layanan bus Transjakarta akan kembali normal apabila kondisi sudah kondusif dan dapat dilintasi armada bus.

"Untuk itu, kami menghimbau bagi para pelanggan yang akan melakukan aktivitas untuk selalu berhati-hati di jalan, tetap waspada dan selalu mengutamakan keselamatan diri dan keluarga. Selalu pastikan untuk menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," jelas Prasetia.

Berikut rincian pengalihan rute bus Transjakarta:

Koridor 1 (Blok M – Kota)

Arah Kota:

Blok M - Sarinah – Lampu merah Sarinah - keluar jalur – Lampu merah Bank Indonesia -  belok kiri - Jalan Kebon Sirih - Hotel Milenium belok kiri - Jalan Fachrudin - Jati Baru lurus - Jalan Cideng Barat – Lampu merah Tarakan – Belok - Halte Petojo – Lampu merah Harmoni  - Belok kiri - Harmoni - Kota

Arah Blok M:

Kota - Harmoni – Lampu Merah Harmoni  - Belok kiri -  putar balik setelah halte Juanda - Halte Petojo -  keluar jalur – Lampu merah - Tarakan belok kiri - Jalan Cideng Timur - Jalan Jati Baru - Hotel Tugu Asri -TL Hotel Milenium lurus - Jalan Kebon Sirih – Lampu merah  Bank Indonesia belok kanan - Halte Sarinah - Blok M. Halte yang tidak dilayani, yakni Halte Monas dan Halte Bank Indonesia (BI).

Koridor 2 (Pulogadung – Harmoni)

Arah Harmoni:

Melayani via jalur Senen – Lurus – Gunung sahari – Lampu Merah Golden Truly - belok kiri - Jalan Samanhudi – Tembus Mangga Besar – lanjut Harmoni.

Arah Pulogadung:

Setelah pelayanan di Halte Harmoni, bus berbelok kiri - di simpang Harmoni melintasi Jalan Veteran - Pasar Baru – lurus simpang  Armabar - belok kanan – masuk jalur Koridor 5 (Ancol – Kampung Melayu) – Halte Budi Utomo – Senen – belok kiri – Pulogadung. Halte yang tidak dilayani adalah Halte Monas, Halte Gambir 2, dan Halte Kwitang.

Koridor 3 (Kalideres – Pasar Baru)

Arah Harmoni diberlakukan pengalihan rute sementara arah sebaliknya normal. Adapun pengalihannya:

Melayani via Jalur Tomang – Lampu merah Harmoni - belok kiri -  Halte Harmoni  – Kembali ke Kalideres.

Layanan Non BRT 1A (PIK – Balaikota)

Mengalami perpendekan rute menjadi PIK _ Kota. Halte yang tidak melayani, yaitu Glodok, Olimo, Mangga Besar, Sawah Besar, Harmoni, Monas, dan Bus Stop Balaikota

Layanan 5C (PGC – Harmoni)

Mengalami pengalihan rute untuk armada yang mengarah ke Harmoni. Sementara arah sebaliknya normal. Adapun pengalihannya sebagai berikut:

Melayani via jalur Samanhudi – Senen – Lurus – Gunung Sahari – Lampu Merah Golden Truli  - Belok kiri - Jalan Samanhudi - tembus Mangga besar.

Layanan 6A ( Ragunan - Monas Via Kuningan ) dan 6B ( Ragunan - Monas Via Semanggi )

Mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan – Tosari – lalu berputar balik di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Halte yang tidak melayani, yakni Halte Bundaran HI, Sarinah, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement