Rabu 07 Oct 2020 17:12 WIB

Sangihe Diguyur Hujan, Warga Diminta Waspada Bencana

Intensitas hujan saat ini cukup tinggi di wilayah kepulauan Sangihe.

Sangihe Diguyur Hujan, Warga Diminta Waspada Bencana. Ilustrasi hujan.
Foto: wikipedia
Sangihe Diguyur Hujan, Warga Diminta Waspada Bencana. Ilustrasi hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, SANGIHE -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Rivo Pudihang meminta masyarakat mewaspadai bencana banjir dan longsor di musim hujan saat ini.

"Kami mengingatkan semua masyarakat agar mewaspadai adanya bencana banjir dan longsor di musim hujan seperti saat ini," kata Rivo Pudihang, Rabu (7/10).

Baca Juga

Menurut dia, intensitas hujan saat ini cukup tinggi di wilayah kepulauan Sangihe sehingga masyarakat diminta terus meningkatkan kewaspadaan. Sebagai daerah yang berbukit kata dia, ancaman longsor di musim hujan sering terjadi, dan ini harus mendapat perhatian khusus masyarakat secara umum.

"Masyarakat harus mewaspadai bahaya longsor ketika melintasi wilayah perbukitan di musim hujan seperti saat ini," kata dia.

Demikian juga masyarakat yang bermukim di wilayah aliran sungai agar tetap melihat situasi agar terhindar dari bencana. Rivo juga mengingatkan masyarakat agar tidak menyebar luaskan berita bohong mengenai bencana alam karena akan meresahkan masyarakat.

"Supaya tidak meresahkan masyarakat maka jangan menyebarluaskan informasi atau kejadian yang belum jelas kebenarannya karena dapat menimbulkan keresahan di masyarakat," kata dia.

Dia juga meminta masyarakat agar segera melapor kepada aparat setempat apabila terjadi bencana atau kecelakaan. "Informasikan secepatnya kepada aparat setempat bila terjadi bencana atau kecelakaan agar segera dilakukan penanganan oleh petugas," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement