Senin 05 Oct 2020 14:30 WIB

Gempa di Sumba Barat-NTT tak Berpotensi Timbulkan Tsunami

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Ilustrasi Gempa Sumba Timur, NTT.
Foto: @InfoBMKG
Ilustrasi Gempa Sumba Timur, NTT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendata wilayah Sumba Barat, NTT diguncang gempa tektonik pada Senin (5/10) pukul 10.07 WIB. Hasil analisis menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=5,0. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,81 LS dan 119,41 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km arah Selatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT pada kedalaman 65 km. 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan pers yang diterima Republika, Senin (5/10).

Rahmat menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi kerak benua dasar laut. Hal ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan oblique dominan turun (_oblique normal fault_)," jelas Rahmat.

Guncangan gempabumi ini dirasakan cukup kuat di daerah di Waibakul, Tambolaka, Waitabula, Waingapu.Hingga pukul 10.30 WIB,hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempabumi susulan dengan magnitudo M=3,4. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement