Sabtu 03 Oct 2020 14:57 WIB

RS PMI Bogor Tambah 19 Tempat Tidur Buat Penanganan Covid-19

Tambah tempat tidur ini diharapkan dapat dipakai pekan depan.

Pekerja medis mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi.
Foto: AP
Pekerja medis mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Rumah Sakit PMI Kota Bogor sedang dalam proses untuk menambah fasilitas tempat tidur di ruang penyakit infeksi. Rencananya fasilitas tempat tidur tambahan tersebut bisa digunakan dalam waktu dekat untuk penanganan Covid-19.

Kasie Humas dan Pemasaran RS PMI Bogor, Niken Churniadita Kusumastuti mengatakan fasilitas tempat tidur tambahan di Ruang Pinere ada 19 bed.

Baca Juga

“Ada 19 bed, sedang dikejar finishing-nya. Doakan bisa selesai pekan besok finishing-nya,” kata Niken kepada Republika.co.id, Sabtu (3/10).

Niken menjelaskan, Ruang Pinere tersebut dulunya adalah Ruang Flamboyan yang terletak di lantai tiga. Jika sudah selesai tahap finishing, 19 bed di Ruang Pinere bisa digunakan paling cepat pada Senin (5/10) nanti.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan penambahan fasilitas tempat tidur yang paling banyak ada di RS PMI Kota Bogor, yakni sebanyak 19 bed. "Fokus kami ada pada dua hal, yakni melihat kesiapan penambahan tempat tidur dan recovery rate (angka kesembuhan)," kata Bima di RS PMI, setelah mendampingi  Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol. Eddy Sumitro Tambunan mengecek kesiapan fasilitas kesehatan (faskes) dalam penanganan pasien Covid-19, Jumat (2/10).

Senada dengan Niken, Bima menambahkan fasilitas tempat tidur tersebut akan siap beberapa hari ke depan dan Bed Occupancy Rate (BOR) akan meningkat. Selain itu, untuk Recovery Rate yang akan menjadi perhatian khusus adalah pada pasien komorbid, tingkat kesembuhan, dan obat-obatan.

Sementara, Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol. Eddy Sumitro Tambunan menegaskan, secara umum kedatangannya ke Kota Bogor adalah untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menurunkan status Zona Merah.

Menurut Eddy, kesiapan penanganan pasien Covid-19 di Kota Bogor sejauh ini cukup baik. Termasuk tempat isolasi yang sudah mendapat kepastian di-cover pemerintah pusat.  "Tinggal nanti Pemkot Bogor menyediakan tempatnya. Sementara untuk keseluruhan indikator, ada lima indikator yang rendah. Jadi kita berusaha menaikkan indikator tersebut," ujarnya.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement