Jumat 02 Oct 2020 00:45 WIB

PT Pindad Jadi Bapak Angkat Pordasi

Pindad juga akan memberikan dukungan pembinaan pada ajang President Cup ke Pordasi

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
PT Pindad (Persero) jadi bapak angkat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi). PT Pindad akan membantu pengembangan para atlit berkuda.
Foto: Arie Lukihardianti/Republika
PT Pindad (Persero) jadi bapak angkat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi). PT Pindad akan membantu pengembangan para atlit berkuda.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Pindad (Persero) menjalin kerja sama dengan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose dan Ketua Umum Pordasi, Triwatty Marciano pada Kamis, (1/10) di Ruang Auditorium Pindad Bandung. 

Acara penandatanganan disaksikan oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, beserta pejabat Pordasi, Direktur Strategi Bisnis, Rizka Putranto, VP Pengembangan Bisnis, Yayat Ruyat, VP Corporate University, Bayu A Fiantoro.

Menurut Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose, penandatanganan NK ini merupakan salah satu bentuk realisasi dukungan Pindad sebagai salah satu perusahaan BUMN. Yakni, CSR dalam bidang olahraga untuk mendorong dunia olahraga khususnya berkuda. 

"Kami bangga menjadi bapak angkat Pordasi karena kan Pindad melihat dari indistri Alutsista nya," ujar Abraham Mose.

Menurut Abraham, Pindad membangun ekosistem industri bukan hanya melakukan pembinaan ke industri yang mendukung, tapi juga lingkungan industrinya. Sehingga, menjadi bapak angkat Pordasi meruapakan kebanggaan. 

"Kami bisa ikut support pembinaan Pordasi. Kami bisa turut mengembangkan hal-hal teknis bagaimana menjual senjata untuk menembak dari kuda. Tak hanya Pordasi, kami kerja sama dengan Perbakin, dan hal-hal yang terkait Pindad agar Pembinaan ekosistem bisa tumbuh bersama," paparnya.

Menurut Direktur Strategi Bisnis, Rizka Putranto, kerja sama ini merupakan wujud CSR Pindad selaku korporasi BUMN untuk mendorong pembinaan olahraga dalam hal ini berkuda.

Pindad juga, kata Rizka, akan memberikan dukungan pembinaan pada ajang President Cup kepada Pordasi yang berada dibawah KONI.

Ketua Umum Pordasi, Triwatty Marciano mengatakan, Pindad jadi bapak angkat pertama untuk Pordasi. Bentuk kerja samanya, nanti dalam pembinaan para atlit. Karena, di Pordasi yang dibina bukan hanya pengendaranya tapi kudanya juga atlit. "Pembinaan dilakukan untuk terus berprestasi. Dengan adanya Pindad akan meningkat prestasi kami," katanya.

Menurutnya, walaupun pandemi atlit Pordasi  masih melakukan pelatihan d club liga. Tentunya, dengan protokol kesehatan yang ketat. "Liga masih berjalan memang kemarin harusnya ada final tapi mundur dulu karena PSBB," katanya.

Rombongan Pordasi sendiri, melakukan kunjungan ke fasilitas produksi. Selain meninjau fasilitas produksi, Kepala Umum Pordasi dan jajaran juga turut menjajal performa senjata dan kendaraan tempur buatan Pindad.

Penandatanganan Nota Kesepahaman

Ruang lingkup kerjasama antara PT Pindad (Persero) dengan Pordasi dalam rangka pelaksanaan program pembinaan atlet berkuda untuk peningkatan harkat dan martabat bangsa melalui olahraga prestasi berkuda pada multi-event dan single-event baik dalam skala nasional, regional, maupun internasional, juga kerja sama untuk sponsorship penyelenggaraan kejuaraan cabang olahraga berkuda, serta pembentukan tim olahraga berkuda Pindad. 

Pordasi merupakan organisasi berkuda yang berada dibawah kepengurusan KONI berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Olahraga tanggal 28 Oktober 1966, nomor : 016/tahun 1966. Pordasi aktif dalam menyelenggarakan dan turut serta dalam berbagai perlombaan berkuda. Salah satu prestasi Pordasi yaitu ikut serta dan menjadi finalis untuk bertanding di final nomor jumping Asian Games 2018. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement