Rabu 23 Sep 2020 17:32 WIB

RSKI Covid-19 Pulau Galang Hampir Penuh

Kapasitas RSKI Pulau Galang tersisa 40 orang.

Pasien Covid-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. (ilustrasi)
Foto: Antara/Pradanna Putra Tampi
Pasien Covid-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, Kota Batam Kepulauan Riau hampir penuh. Saat ini, RSKI tidak dapat menampung warga terpapar virus corona lagi.

"Kapasitas hampir penuh," kata Kepala RSKI Covid-19 Pulau Galang Kolonel Khairul Ihsan di Batam, Rabu (23/9).

Baca Juga

Kapasitas rumah sakit di pulau penyangga Kota Batam itu tinggal untuk 40 orang. Padahal, tambahan warga yang hendak dikarantina di sana pada hari ini sebanyak 65 orang.

RSKI Covid-19, kata dia, kini juga hanya merawat warga yang positif Covid-19. RSKI tidak lagi menampung pekerja migran Indonesia dan warga yang diketahui kontak erat orang terpapar virus, namun belum pasti tertular.

Selanjutnya, Satuan Tugas Covid-19 Kota Batam akan menempatkan warga yang terpapar virus corona di Rusun BP. Ihsan menyatakan, pihaknya diminta untuk mensupervisi pelaksanaan karantina warga positif Covid-19 di Rusun.

"Kami diminta mensupervisi, karena dianggap mengetahui desain rumah sakit Covid-19," kata dia.

Menurut Ihsan, tidak akan ada yang diubah dari Rusun untuk penempatan warga terpapar virus corona, seperti penempatan furnitur dan lainnya. Ia menyatakan, yang perlu disiapkan hanya kamar dokter dan perawat.

"Yang di sana orang tanpa gejala, jadi seperti karantina, tidak ada perubahan desain furnitur," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Ksumarjadi berharap pihak RSKI dapat membantu Satgas dalam pelaksanaan karantina di lokasi karantina yang baru. "Operasional dari pemerintah kota," ucapnya.

Pemkot Batam menyiapkan dana operasional, di antaranya untuk makan, laundry dan jasa kebersihan. "Kalau ada yang positif, mulai besok kita evakuasi ke Rusun BP," kata Didi.

Sementara itu, hingga Rabu tercatat 1.357 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam. Sebanyak 669 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 43 orang meninggal, dan 645 orang lainnya sedang dirawat.

Berdasarkan catatan Gugus Tugas Covid-19, 640 orang yang masih terinfeksi virus corona dirawat di 12 rumah sakit dan lima orang melakukan isolasi mandiri. Dari 640 orang yang dirawat di rumah sakit, 463 orang di RSKI Covid-19 Pulau Galang.

In Picture: Progres Rumah Sakit Darurat Corona di Pulau Galang

photo
Foto aerial progres pembangunan rumah sakit khusus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (25/3/2020). - (Antara/Bobby)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement