Sabtu 12 Sep 2020 15:06 WIB

Sudin SDA Jaktim Perbanyak Sumur Resapan Hadapi Musim Hujan

Proses pembangunan sumur resapannya dilakukan langsung ke Satgas SDA tiap kecamatan

Rep: amri amrullah/ Red: Hiru Muhammad
Sumur Resapan. Petugas Dinas Sumber Daya Air saat menyelesaikan pembangunan sumur resapan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (26/2).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sumur Resapan. Petugas Dinas Sumber Daya Air saat menyelesaikan pembangunan sumur resapan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jelang masuk musim penghujan tahun ini, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin) Jakarta Timur terus memperbanyak pembuatan sumur resapan untuk menyerap limpasan air banjir. Tercatat sejak Januari-September 2020, Sudin SDA Jakarta Timur telah membangun sebanyak 290 sumur resapan. 

Kasi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Timur, Puryanto mengatakan, pembangunan sumur resapan tersebut dilakukan oleh pihaknya di sepuluh kecamatan. "Dari target 500 sumur resapan, yang sudah selesai 290 sumur, sisanya kami targetkan rampung pada November ini," ujarnya, Sabtu (12/9).

Dituturkan Puryanto, untuk proses pembangunan sumur resapannya dilakukan langsung ke Satgas SDA masing-masing kecamatan. "Harapannya, sumur resapan ini bisa meminimalisir genangan dan banjir," terangnya. 

Sementara itu Satgas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Matraman, Jakarta Timur juga telah membangun sebanyak 13 sumur resapan. Hal itu disampaikan Koordinator Satgas SDA Kecamatan Matraman, Agus.

Ia mengatakan, ke-13 sumur resapan tersebut dibangun di halaman sekolah SMPN 7 Utan Kayu Selatan sebanyak tiga sumur. Selanjutnya, di halaman sekolah SMK Pembangunan Jl Pengayoman, Utan Kayu Utara ada lima sumur. Terakhir, lima sumur dibangun di halaman SMKN 5 Kebon Sereh, Pisangan Baru.

"Dari 13 sumur ini, lima sumur resapan telah selesai dibangun, sisanya masih dalam proses dan ditargetkan rampung pada Oktober mendatang," ujarnya.

Agus menuturkan, masing-masing sumur resapan dibangun secara manual menggunakan buis beton dengan diameter satu meter dan kedalaman dua meter. "Harapannya, sumur ini bisa menyerap debit air yang banyak, agar genangan dan banjir di daerah itu bisa diminimalisir," imbuhnya.

Sedangkan Sudin SDA, Kecamatan Jatinegara telah membangun sumur resapan di Jl Mawar 2, Komplek Cipinang Indah, RT 03/16 Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Koordinator Satgas SDA Kecamatan Jatinegara, Tamrizal mengatakan, untuk membangun sumur resapan tersebut pihaknya mengerahkan sebanyak 13 Satgas SDA Kecamatan Jatinegara.

Sumur resapan tersebut dibangun sedalam dua meter dengan diameter satu meter. "Pembangunan sumur resapan ini sebagai antisipasi genangan dan banjir di wilayah itu," ujarnya.

Tamrizal menuturkan, pihaknya akan membangun 20 sumur resapan di RW 16 Cipinang Muara. Rinciannya, di RT 003 sebanyak empat sumur, RT 001 dua sumur, di RT 006 satu sumur.

Kemudian, di RT 004 satu sumur, di RT 007 ada delapan sumur, di RT 002 dua sumur dan di  RT 005 Masjid Al Husna dua sumur. "Saat ini baru selesai dua sumur, sisanya kami targetkan akan rampung pada November mendatang," tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement