Sabtu 12 Sep 2020 07:59 WIB

Sempat Positif Covid, Bacabup Lima Puluh Kota Kini Negatif

M. Rahmad telah menjalani dua kali tes swab di RSPAD Gatot Subroto.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA PULUH KOTA-  Bakal Calon Bupati Limapuluh Kota, M. Rahmad mengatakan dirinya sudah negatif dari Covid-19. Ia memastikan telah negatif dari virus corona jenis baru setelah dua kali mengikuti tes swab PCR di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

"Hari ini saya menerima hasil uji swab PCR Covid-19 dari RSPAD Gatot Soebroto  bahwa saya dinyatakan negatif covid-19 yang dibuktikan dengan Sertifikat Dokter Nomor: R/4013/PPBP-AD/IX/2020 Tanggal 10 September 2020," kata Rahmad dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (11/9).

Baca Juga

Rahmad mengatakan, tes swab pertamanya di RSPAD dilakukan pada 31 Agustus 2020 lalu di mana ia dinyatakan positif Covid-19. Ia dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (7/9) usai mendaftar sebagai bakal calon bupati Lima Puluh Kota.

Ia mengikuti tes swab sesuai arahan KPU Lima Puluh Kota sebagai persyaratan untuk mendaftar sebagai calon kepala daerah. Pria yang maju sebagai kepala daerah Lima Puluh Kota berpasangan dengan Asyirwan Yunus itu mengaku mendapatkan informasi bahwa ia dinyatakan positif melalui media daring. Di mana informasi tentang status dirinya bersumber dari hasil pemeriksaan tes PCR di Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Rahmad menyebut ia menaati protokol kesehatan setelah dinyatakan positif covid-19 dengan isolasi mandiri di rumah. Kini Rahmad lega telah dinyatakan negatif berdasarkan tes swab yang ia lakukan di RSPAD. Meski begitu, ia merasa prihatin karena ada banyak orang yang sempat kontak dengannya merasa tidak nyaman dan harus mengikuti tes swab setelah masuk ke dalam daftar orang yang di-tracing oleh gugus tugas.

"Kami juga prihatin dan sangat bersedih mendapat kabar bahwa masyarakat yang berdekatan atau kontak langsung dengan kami menghadapi situasi sulit dan kehilangan mata pencaharian di tengah tengah masyarakat.  Semoga dengan hasil tes swab saya yang negatif ini keraguan dan kekhawatiran masyarakat tidak lagi terjadi," ujar Rahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement