Rabu 09 Sep 2020 05:14 WIB

Bakal Paslon Pilkada Karawang Jalani Tes Kesehatan

Tes kesehatan diselenggarakan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Pilkada Serentak (Ilustrasi)
Foto: Antara/Rahmad
Pilkada Serentak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang melaksanakan tes pemeriksaan kesehatan, kepada tiga bakal pasangan calon yang sudah mendaftar ke KPU. Tes kesehatan diselenggarakan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Pelaksanaan tes kesehatan ini berlangsung selama dua hari yakni Selasa 8 September 2020 dan Rabu 9 September 2020. Cek kesehatan meliputi pemeriksaan jasmani dan psikologi.

Ketua KPU Kabupaten Karawang, Miftah Farid mengatakan, tiga Bapaslon sudah di Jakarta sejak kemarin. Selanjutnya, langsung menjalankan anjuran untuk persiapan pemeriksaan kesehatan dari pihak RSPAD Gatot Soebroto.

"Dari semalam ketiga Bapaslon Iangsung puasa. Karena besoknya menjalani pemeriksaan kesehatan fisik," kata Farid dalam keterangan tertulisnya.

Ia menururkan pada hari pertama tiga Bapaslon akan mengikuti pemeriksaan meliputi penyakit dalam, bedah, THT, gigi, mata (opthalmoscope, refracting, kamprimetri) jantung, paru, saraf, kebidanan (fisik + neurobehavior) psikiatri (fisik + papsmear).  Dilanjutkan pemeriksaan penunjang meliputi foto thorax, USG abdomen, USG Transvaginal, USG Carotis, Spirometri, Audiometri, Treadmil, Echo Cardigrafi, MMPI + wawancara. Terakhir pemeriksaan Narkoba yang mencakup 6 parameter.

“Di hari pertama pemeriksaan sampai dengan pukul 16.00 Wib. Selanjutnya di hari kedua pemeriksaan psikologi,"ujarnya.

Menurutnya, hasil pemeriksaan kesehatan untuk tiga Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Karawang Pilkada 2020 tersebut akan dikabarkan secepatnya oleh pihak RSPAD Gatot Soebroto. Informasi dari RSPAD Gatot Soebroto paling cepat hasiI pemeriksaan kesehatan keluar pada 9 September 2020.

Sekedar informasi, penetapan RSPAD Gatot Soebroto sebagai tempat pemeriksaan kesehatan berdasarkan rekomendasi IDI Karawang.  Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang sudah menutup pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang di Pilkada 2020, Ahad (6/9) pukul 24.00 Wib.

Ada tiga bapaslon yang mendaftar ke KPU Kabupaten Karawang, yaitu dr. Cellica Nurrachadiana Aep Syaepuloh, dr. Yesi Karya Lianti Ahmad Adly Fayruz, dan Ahmad Zamakhsyari Yusni Rinzani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement