Kamis 03 Sep 2020 17:09 WIB

Dua RTH Kota Serang Dibangun Tahun Ini

Revitalisasi Alun-Alun Kota Serang sebagai pusat kota diharapkan bisa terealisasi.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas kebersihan beraktivitas membersihkan Taman Kota Alun-alun Serang, Banten.
Foto: ASEP FATHULRAHMAN/ANTARA FOTO
Petugas kebersihan beraktivitas membersihkan Taman Kota Alun-alun Serang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Warga Kota Serang akan segera merasakan wajah baru Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang rencananya akan diselesaikan tahun ini. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang menyebut ada dua RTH yang menjadi prioritas pihaknya, yakni Alun-alun Walantaka dan Taman K3 Ciceri.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan pembangunan RTH menjadi salah satu program prioritas pihaknya tahun ini. Hal ini untuk memenuhi aturan 20 persen RTH tentang tata ruang dan memberikan ruang terbuka baru bagi masyarakat.

“Alun-alun Walantaka dan Taman K3 yang ada di samping Diskominfo Ciceri saat ini prosesnya sedang berjalan. Pembangunan dua RTH Ini memang sudah menjadi visi misi Wali dan Wakil Wali Kota, juga janji politik dan memang sesuai dengan Perda tata ruang wilayah,” kata Iwan Sunardi, Kamis (3/9).

Alun-alun Walantaka dikatakan Iwan akan dibangun di atas lahan sebesar 6.000 meter dan difungsikan sebagai kegiatan pemerintahan dan rekreasi masyarakat. Sementara Taman K3 dibangun di lahan 1500 meter yang akan diubah namanya menjadi Taman Keduluran dan dibuat sebagai taman rekreasi dan belajar warga.

 

Iwan mengaku sebenarnya ada tiga RTH yang direncanakan untuk dibangun pada 2020 ini, yakni dua Alun-alun Walantaka, Taman K3 dan Alun-alun Kota Serang. Hanya saja rencana revitalisasi Alun-alun Kota Serang diundur menjadi tahun 2021 karena terkena refokusing anggaran.

Dia juga mengaku saat ini porsi ruang terbuka hijau yang dikerjakan Pemkot Serang di wilayahnya masih baru 3 persen dari aturan 20 persen porsi RTH dalam tata ruang wilayah.

Sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, kata Hasan, Kota Serang memang harus terus berbenah agar semakin mencerminkan kota dan wajah Banten. "Bagus untuk estetika, apalagi kita kan Ibu Kota provinsi ya mau tidak mau memang harus terus berbenah supaya ketika orang luaar masuk itu nyaman, indah," katanya.

Revitalisasi Alun-Alun Kota Serang sebagai pusat kota juga disebutnya sangat penting dan diharapkan bisa terealisasi di tahun depan. Ia berharap dengan penataan fasilitas RTH, indeks kebahagiaan warga Kota Serang akan meningkat.

"Alun-alun Kota Serang itu kan ada di tempat strategis, ada RSUD juga di situ, mungkin nanti bisa pasien atau anggota keluarga bisa rekreasinya di alun-alun. Saya harap tidak hanya pembangunan saja, tapi penataan ini supaya RTH bisa meningkatkan kebahagiaan warga," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement