Selasa 01 Sep 2020 11:35 WIB

Walkot Bekasi: 22 Karyawan Bridgestone Positif Covid-19

Dari 22 karyawan, delapan di antaranya sudah selesai isolasi dan sudah kembali kerja.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Pepen.
Foto: Uji Sukma Medianti
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Pepen.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Penyebaran Covid-19 di pabrik tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi. Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan pabrik di wilayahnya juga tak luput dari penularan.

Disebutkan Pepen, sapaan akrabnya, setidaknya ada 22 karyawan PT Bridgestone Tire Indonesia, yang berlokasi di Jalan Raya Kaliabang, Harapan Jaya, Bekasi Utara yang dilaporkan positif Covid-19 pada pekan lalu.

“Di-swab ditemukan 22 (positif) itu. Nah 8 masuk RS sudah mau selesai dan sisanya sudah selesai isolasi dan sudah mau masuk kerja,” kata Pepen di kediamannya, Senin (31/8).

Politisi Partai Golkar ini menuturkan, ditemukannya kasus berawal dari penapisan atau skrining massal yang dilakukan oleh perusahaan. Dia menyebut, sejauh ini, baru Bridgestone yang melaporkan secara rinci soal temuan kasus positif Covid-19 di Kota Bekasi.

“Yang kemarin yang terinci itu hanya Bridgestone. (Penularan dari klaster pabrik) ada yang dari kabupaten dan penduduk di sini. Kalau (penduduk) di sini sudah ditangani kan ga ada masalah,” ujar dia.

Pria berusia 56 tahun itu juga mengaku tak keberatan jika perusahaan tak menutup pabriknya. Namun, syaratnya perusahaan harus melakukan tracing ke kontak erat karyawan mereka yang positif.

“Mereka sudah lebih ketat daripada kita, aman di perusahaan tapi anaknya di rumah keluar dan pulang akhirnya mengenainya. Kita ini ya tadi memutus mata rantainya, kita rem, yang paling penting kan rapid dan swab-nya itu,” terang dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement