Sabtu 29 Aug 2020 16:51 WIB

Positif Covid-19 di Pasaman Barat Bertambah 11 Orang

Sepuluh di antaranya dokter di RSUD dan Puskesmas di wilayah setempat.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG EMPAT -- Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat bertambah 11 orang pada Sabtu (29/8). Sebanyak 10 di antaranya dokter di Rumah Sakit Umum Daerah setempat dan Puskesmas Sukamenanti.

"Benar, 10 orang positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap atau 'swab test' beberapa waktu lalu. Satu orang lagi merupakan warga Aek Nabirong, Pasaman Barat yang di rawat di Rumah Sakit BMC Padang," kata Bupati Pasaman Barat Yulianto di Simpang Empat, Sabtu (29/8).

Ia mengatakan 11 orang itu adalah DAU, AP, RF, ESS, MR, WMS, WRM, AA, NA, SPR, dan HM. Ia menyebutkan 10 pasien akan diisolasi sore ini ke RSUD Pasaman Barat untuk pengobatan lebih jauh.

Selain itu, Pemkab Pasaman Barat juga akan melakukan pelacakan terhadap warga yang pernah kontak dengan 10 pasien positif itu.

"Kita juga akan langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke RSUD dan Puskesmas Sukamenanti untuk antisipasi penyebaran Covid-19," tegasnya.

Pihaknya juga akan melakukan langkah cepat menyiapkan gedung Diklat Talu untuk tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19.

Ia berharap, masyarakat yang pernah merasa kontak dengan pasien positif agar melaporkan diri kepada Pemkab Pasaman Barat untuk segera dilakukan tes usap guna menghambat penyebarannya.

Ia meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19, tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. "Masyarakat harus tetap tenang dan mari patuhi protokol kesehatan yang ada," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement