Jumat 28 Aug 2020 19:16 WIB

Wisatawan tanpa Masker Dilarang Masuk Gunung Bromo

Kawasan Gunung Bromo mulai dibuka secara terbatas pada Jumat ini.

Suasana sepi Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur. Ilustrasi
Foto: ANTARA /Zabur Karuru
Suasana sepi Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO, JAWA TIMUR -- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan wisatawan yang tidak menggunakan masker dan sakit dilarang masuk kawasan wisata Gunung Bromo. Kawasan ini mulai dibuka secara terbatas pada Jumat ini.

"Khusus untuk pintu masuk Kabupaten Probolinggo, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo akan memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat," katanya di Kabupaten Probolinggo.

Ia mengatakan sebagaimana hasil rapat koordinasi empat pemerintah kabupaten yang meliputi Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang bersama TNBTS, maka setelah reaktivasi masing-masing Satgas empat kabupaten akan memantau wilayah masing-masing dan TNBTS akan fokus di pintu masuknya, kemudian akan dibentuk tim bersama TNBTS.

"Wisatawan yang tidak memakai masker tidak boleh masuk kawasan Gunung Bromo, terlebih lagi bagi wisatawan yang sedang sakit karena protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat," tuturnya.

 

Reaktivasi wisata alam Gunung Bromo ini menerapkan sejumlah persyaratan kunjungan yang telah disusun oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (TN-BTS) dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru.

Kasubbag Data, Evaluasi, Pelaporan, dan Kehumasan Balai Besar TNBTS Syarif Hidayat mengatakan pada hari pertama dibuka nya Gunung Bromo tercatat sebanyak 176 wisatawan yang berkunjung.

"Kami juga tidak memperkenankan wisatawan mancanegara untuk masuk kawasan Gunung Bromo sementara ini, sehingga wisatawan domestik yang diperbolehkan masuk Gunung Bromo," katanya.

Selama di kawasan wisata, pengunjung juga diwajibkan menggunakan perangkat protokol kesehatan seperti masker, sarung tangan, dicek suhu badannya, jaga jarak, serta tidak berkerumun.

Para wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Bromo dibatasi sebanyak 20 persen dari total kapasitas daya tampung atau sebanyak 739 orang per hari, kemudian jumlah pengunjung tersebut akan dievaluasi dan ditambah secara bertahap.

Dari total kuota sebesar 20 persen tersebut, dibagi untuk Penanjakan sebanyak 178 orang per hari, wilayah Bukit Cinta sebanyak 28 orang per hari, Bukit Kedaluh sebanyak 86 orang per hari, Savana Teletubbies sebanyak 347 orang per hari, dan Mentingen sebanyak 100 orang per hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement