Selasa 25 Aug 2020 16:31 WIB

Wagub DKI Anjurkan Donor di Tengah Pandemi

Warga Jakarta diminta mendonorkan darahnya di kala pandemi.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Kegiatan donor darah pasa masa pandemi Covid-19.
Foto: @KotaJaksel
Kegiatan donor darah pasa masa pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan darah yang tinggi di DKI saat pandemi Covid-19, menuntut Palang Merah Indonesia (PMI) mencari banyak pendonor. Mengantisipasi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menganjurkan kepada warga Jakarta yang sehat untuk mendonorkan darahnya di kala pandemi.

Menurut Ariza, selama masa pandemi Covid-19 diketahui masyarakat banyak yang takut untuk donor darah sehingga ada penurunan dalam memperoleh jumlah kantong darah di setiap wilayah di DKI Jakarta.

"Untuk itu kita terus menggalakkan seluruh elemen masyarakat membantu PMI dalam mengumpulkan darah," kata Ariza, Selasa (25/8).

Ia mengatakan setiap hari sedikitnya dibutuhkan seribu kantong darah. Namun, di tengah kondisi pandemi, angka tersebut mengalami penurunan.

"Jadi sekarang saatnya berbuat kebaikan, saatnya peduli, saling tolong menolong baik dari pemerintah, industri swasta, maupun lapisan masyarakat," katanya

Sementara itu, kegiatan donor darah yang sama dilaksanakan PMI DKI Jakarta bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Selasa (25/8). Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pemuda Dan Olahraga Budiyono mengatakan sebanyak 200 pendonor yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PJLP di lingkungan Kantor Dispora DKI Jakarta, anggota pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR) ikut dalam kegiatan ini.

"Kegiatan donor darah ini mengatasi keterbatasan stok darah di PMI saat pandemi Covid-19. sehingga dapat dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan," ujarnya.

Budiyono menuturkan, kegiatan donor darah dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan bagi tim medis dan pendonor dalam rangka antisipasi penularan Covid-19.

"Seluruh panitia sudah diberikan arahan terkait prosedur keamanan, kebersihan dan protap Covid-19 dalam pelaksanaan donor darah. Kemudian dilengkapi APD untuk kurangi paparan. Setiap bed untuk pendonor juga selalu dilakukan penyemprotan disinfektan," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement