Senin 24 Aug 2020 05:13 WIB

Sawah Bisa Jadi Opsi Wisata Lampung

Hamparan sawah bisa dikelola menjadi destinasi wisata.

Wisata sawah. Lampung selain memiliki objek wisata alam, pantai maupun pegunungan yang menarik. Juga terdapat hamparan sawah yang luas dan menarik dijadikan destinasi wisata sawah.
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Wisata sawah. Lampung selain memiliki objek wisata alam, pantai maupun pegunungan yang menarik. Juga terdapat hamparan sawah yang luas dan menarik dijadikan destinasi wisata sawah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Hamparan sawah yang luas di Provinsi Lampung menjadi alternatif tempat wisata warga Bandarlampung.

"Lampung selain memiliki objek wisata alam, pantai maupun pegunungan yang menarik. Juga terdapat hamparan sawah yang luas dan menarik dijadikan destinasi wisata sawah yang dapat dikunjungi oleh wisatawan," kata Riska warga Kota Bandarlampung, di Kabupaten Pesawaran, Ahad (23/8)

Baca Juga

Ia menyebutkan, objek wisata sawah apabila dikelola dengan baik dapat memberikan nilai tambah bagi pemerintah maupun warga sekitar.

Menurut dia, pengelola dapat menjadikan wilayah sekitar lahan persawahan menjadi sarana pendukung. Sehingga wisatawan tak hanya dapat menikmati hijaunya tanaman sawah, tetapi juga mereka juga dapat bermain dan bisa bercocok tanam padi.

"Bisa juga dibuat tempat bermain bagi anak-anak di saluran air menuju sawah. Serta tempat berteduh (saung) agar wisatawan dapat menikmati panorama dan pemandangan persawahan," katanya.

Sementara itu, Reza warga Bandarlampung lainnya mengharapkan terdapat banyak destinasi wisata sawah di Lampung mengingat lahannya yang cukup luas. "Saya berharap ada destinasi wisata alternatif seperti objek wisata sawah. Objek wisata pantai sudah bosan untuk dikunjungi, " katanya.

Destinasi wisata sawah, lanjut dia, harus dikelola dengan baik dengan melibatkan pemerintah desa dan warga setempat. "Harus ada sarana dan prasarana pendukung yang harus ada jika akan dikembangkan menjadi destinasi wisata sawah tanpa harus merusak lahan persawahan," jelasnya.

Provinsi Lampung mengalami peningkatan luas baku sawah (LBS) dari 268.336 hektare pada tahun 2013 menjadi 361.699 hektare pada tahun 2019.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement