Jumat 21 Aug 2020 11:09 WIB

Sosok Sekda Kabupaten Bogor yang Raih Penghargaan Presiden

Awalnya Burhanudin bekerja di Pemprov Jabar, sejak 1994, dia bekerja di Pemkab Bogor.

Rep: Rahayu Marini Hakim/ Red: Bilal Ramadhan
Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin (kiri) raih penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo yaitu Satyalancana Karya Satya
Foto: Humas Pemkab Bogor
Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin (kiri) raih penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo yaitu Satyalancana Karya Satya

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi. Penghargaan ini merupakan penghargaan tanda kerhomatan Satyalancana Karya Satya atas pengabdiannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama 35 tahun.

Penghargaan tersebut diserahkan dengan diwakili oleh Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin. Ketika dikomfirmasi Buhanudin mengaku sangat bersyukur. “Bersyukur kepada allah Swt. Saya alhamdulilah sudah mengabdi sejak tahun 1985,” kata Ade kepada Republika, Jumat (21/8).

Ia menjabarkan, penghargaan yang didapatkannya merupakan penghargaan pengabdian, mengingat tahun ini merupakan 35 tahun dirinya sudah mengabdi. Burhanudin menyebut ada 300 orang di Kabupaten Bogor yang juga mendapatkan penghargaan dengan tahun pengabdian yang bervariasi.

“Itu merupakan penghargaan pengabdian Aparatur Sipil Negara (ASN) 35 tahun lebih. Tahun ini ASN kabupaten Bogor yang mendapat penghargaan pengabdian, sebanyak 300 orang,  dari yang sudah mengabdi 30 tahun keatas, 20 tahun dan 10 tahun,” ujar dia.

Burhanudin menceritakan perjalanannya sebagai ASN, berawal menjadi staf di Bandung hingga di Kabupaten Bogor. Dia ditempatkan pertama di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di gedung Sate Bandung.

"Sejak tahun 1994 pindah Ke Kabupaten Bogor sampai sekarang. Suka duka sebagai pelayan masyarakat pasti ada, itu sebuah resiko pekerjaan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” kata Burhanudin.

Ia menambahakan, harapannya kini hanya ingin bisa menyelesaikan tugasnya dengan selamat dan sehat. “Mudah-mudahan saya selamat dan sehat sehingga bisa tuntaskan pengabdian ini sampai dengan pensiun tahun 2024,” ujar dia.

Dia juga mengimbau kepada para PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja keras, tuntas, cerdas dan ikhlas. “Bekerjalah dengan senantiasa berdoa memohon pada yang diatas, kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Insya allah rekan-rekan akan berhasil dan lebih baik lagi, dibanding generasi kami,” kata dia.

Sebelumnya Burhanudin merupakan salah satu dari 9 orang PNS di Kabupaten Bogor yang dipanggil sebagai perwakilan untuk mendapat penghargaan dari presiden di hari ulang tahun (HUT) ke-75 RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement