Senin 17 Aug 2020 23:09 WIB

Urus Berkas Administrasi Bisa di Mal Pelayanan Publik

MPP menyediakan sedikitnya 21 pelayanan.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fuji Pratiwi
Wakil Walikota Solo, FX Hadirudyatmo. Warga Solo, Jawa Tengah, kini bisa mengurus berkas administasi kependuduk dan dokumen penting lainnya di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Jenderal Sudirman.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Wakil Walikota Solo, FX Hadirudyatmo. Warga Solo, Jawa Tengah, kini bisa mengurus berkas administasi kependuduk dan dokumen penting lainnya di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Jenderal Sudirman.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Warga Solo, Jawa Tengah, kini bisa mengurus berkas administasi kependuduk dan dokumen penting lainnya di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Jenderal Sudirman. Revitalisasi gedung hibah dari Bank Danamon tersebut telah rampung dan diresmikan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Senin (17/8). 

Gedung MPP berlokasi di sebelah bangunan cagar budaya Benteng Vastenburg. Di sisi selatannya berupa pusat kuliner Gladak Langen Bogan (Galabo).

Baca Juga

MPP menjadi pusat pengurusan administrasi pelayanan publik di Kota Bengawan. MPP menyediakan sedikitnya 21 pelayanan, terdiri dari tujuh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot, sembilan OPD vertikal, dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat, mengatakan, status tanah MPP merupakan eks Hak Guna Bangunan (HGB) 383 bekas Bank Danamon dengan luas 3.545 meter persegi.

"Proyek revitalisasi dikerjakan oleh PT Rudy Persada Nusantara Nusukan dengan anggaran Rp 7,5 miliar. Selesai pada 23 Juli 2020. Biaya tersebut diambil dari APBD 2020 melalui BPPKAD dengan nama kegiatan Peningkatan Manajemen Asert Daerah," kata Yosca di acara tersebut. 

Sementara itu, Pemkot berencana mengoptimalkan penataan kawasan MPP, Galabo serta lahan parkir Benteng Vastenburg. Penataan kawasan tersebut dinilai penting mengingat tiga tempat itu diproyeksikan menjadi ikon baru di Jalan Jenderal Sudirman.

Saat ini, lahan parkir Benteng Vastenburg masih dimiliki oleh perseorangan. Selama ini Pemkot hanya memanfaatkan sebagai lahan parkir. "Yang penting Galabonya dulu kami tata ulang," ucap Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Selain itu, Wali Kota berencana membongkar pagar sisi utara MPP agar menjadi kesatuan dengan lahan parkir Benteng Vastenburg. Dua rencana itu bakal dilaksanakan tahun depan.

"Galabo sekarang pedagangnya menghadap selatan akan kami pindah ke sisi selatan menghadap utara. Pagarnya akan kami jebol sehingga menjadi satu lahan dengan MPP. Kemudian pagar utara dijebol saja. Siapa tahu [lahan parkir Benteng Vastenburg] dihibahkan ke Pemkot," kata dia.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement