Kamis 13 Aug 2020 21:53 WIB

Dinkes Cirebon Target Tes Usap Ribuan Guru SD

Tes usap guru SD Cirebon karena ada program imunisasi siswa pada September

Red: Nur Aini
Petuga medis melakukan tes usap (swab test), ilustrasi
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Petuga medis melakukan tes usap (swab test), ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menargetkan tes usap bagi 2.138 guru Sekolah Dasar (SD) kelas 1 dan 2, karena akan ada imunisasi siswa melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"Guru kelas satu dan dua akan kita tes usap, karena pada bulan September ada program bulan imunisasi anak sekolah (BIAS)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni di Cirebon, Kamis (13/8).

Baca Juga

Enny mengatakan terdapat 1.069 SD di seluruh Kabupaten Cirebon, sedangkan imunisasi ini untuk siswa kelas 1 dan 2 SD.

Untuk itu, kata Enny, secara keseluruhan, maka terdapat 2.138 guru yang akan dilakukan tes usap untuk memastikan tidak adanya penularan Covid-19 ketika pelaksanaan imunisasi.

Menurut Enny, saat ini Dinkes sedang melakukan rapat koordinasi tentang pelaksanaan BIAS dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon. Enny mengungkapkan rencana tes usap untuk guru itu didukung adanya hibah PCR, VTM dan Reagen dari BNPB, Dinkes Provinsi dan Labkesda Provinsi Jabar yang diterima kemarin.

"Dengan adanya kerja sama Pemkab Cirebon dan FK UGJ, banyak manfaat yang sudah dirasakan. Meskipun Pemkab Cirebon sudah menganggarkan untuk pengadaan PCR, VTM dan reagen, tetapi dengan adanya hibah dari Pemprov Jabar sangat membantu Pemkab Cirebon. Kita bisa terbantu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement