Ahad 09 Aug 2020 21:09 WIB

Pustakawan Juga Harus Kenal Sinta, Scopus, dan Scimago

Peran pustakawan sangat penting bagi peningkatan kinerja institusi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Karta Raharja Ucu
Karya Tulis Ilmiah (ilustrasi)
Foto: anneahira
Karya Tulis Ilmiah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Publikasi jurnal, karya ilmiah, dan hasil-hasil penelitian sangat perlu tidak cuma bagi dosen, tetapi juga pustakawan. Terlebih, Kementerian Ristek dan Dikti sudah memfasilitasinya dengan membangun Science and Technology Index (SINTA).

Pustakawan Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Purwani Istiana mengatakan, peran pustakawan sangat penting bagi peningkatan kinerja institusi. Itu jadi pekerjaan rumah pustakawan melalui karya-karya ilmiahnya yang terbit di Sinta dan Scopus.

"Jadi, hitung berapa jumlah jurnal UMY yang sudah terakreditasi, dan bagaimana meningkatkan agar kinerja kampus semakin meningkat dan terlihat," kata Purwani dalam webinar yang digelar Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jumat (7/8).

Dalam Sinta, kata Purwani, bisa dilihat peringkat institusi secara nasional dari publikasi jurnal dan jumlah jurnal terindeks Scopus per fakultas. Ini penting agar jadi pengingat kekurangan karena publikasi jurnal sifatnya berkelanjutan.

Bisa dilihat publikasi jurnal terindeks Scopus dalam kurun tiga tahun terakhir. Selain itu, bisa diketahui jumlah publikasi jurnal baik per fakultas atau per prodi, sehingga bisa dilakukan evaluasi ketika ada jurnal yang belum lengkap.

"Kemudian, kita bisa menghubungi orang-orang terkait jurnalnya untuk dapat disempurnakan jurnalnya agar dapat terverifikasi dengan baik," ujar Purwani.

Kemudian, ada kinerja jurnal berdasarkan akreditasi Sinta. Ada Sinta 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan Sinta 1 yang memiliki poin tertinggi. Ketika jurnal memiliki nilai 85-100 dan masuk akreditasi Sinta 1 dampaknya akan dirasakan institusinya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement