Senin 27 Jul 2020 14:03 WIB

Kunjungi Desa Pelosok, Cara TNI Agar Dicintai Rakyat

Satgas TMMD memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga Dusun Pasir Putih, Konkep.

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Denkesyah 14.04.03 Kendari dan Puskesmas Wawonii Barat mengunjungi rumah warga Dusun Pasir Putih, Desa Tanjung Batu, yang memerlukan layanan kesehatan gratis.
Foto: Kodim Kendari
Petugas Denkesyah 14.04.03 Kendari dan Puskesmas Wawonii Barat mengunjungi rumah warga Dusun Pasir Putih, Desa Tanjung Batu, yang memerlukan layanan kesehatan gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, KONKEP -- Pengabdian Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara, tak berhenti dalam memberikan layanan, termasuk bidang kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Komandan Koramil 1417-01/Wawonii, Kapten Inf Samuri, memimpin langsung kegiatan pelayanan kesehatan bersama tim kesehatan Satgas TMMD yang berkolaborasi dengan petugas Puskesmas Wawonii Barat, dengan sasaran warga Dusun Pasir Putih, Desa Tanjung Batu, Kecamatan Wawonii Barat.

Serda Rahimudin dan Kopka Ahmad Bakani, personel Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 14.04.03 Kendari, bersama petugas Puskesmas Wawonii Barat mendatangi warga yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan. Para petugas dengan cekatan melakukan pemeriksaan menggunakan stetoskop untuk mendeteksi dini penyakit yang diderita puluhan warga Dusun Pasir Putih.

Kapten Samuri menuturkan, tujuan anjangsana tim kesehatan adalah untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan kepada warga, khususnya lansia dan mereka yang sakit “Tim gabungan kesehatan dari TNI dan puskesmas sengaja mendatangi langsung rumah warga karena akses transportasi yang jauh dari permukiman,” tutur Samuri di Konkep, Senin (27/7).

Hal senada disampaikan bidan Herlina selaku petugas kesehatan Puskesmas Wawonii Barat. Herlina mengaku, ikut antusias melayani warga lantaran personel TNI tidak segan mengunjungi pelosok desa demi membantu masyarakat. “Semoga TNI tetap Jaya dan selalu bersemangat memberikan dharma baktinya untuk NKRI,” kata Herlina.

Sapa (45 tahun), warga Dusun Pasir Putih menyampaikan ucapan terima kasih atas pemeriksaan yang dilakukan oleh satgas, yang bersedia mengunjungi lokasi desa cukup terpencil dengan akses fasilitas kesehatan masih mini. “Terima kasih bapak tentara yang berkunjung dan memeriksa kesehatan kami, karena di sini tempatnya pelosok,” ucap Sapa.

Komandan Kodim 1417/Kendari Letkol Kav Agus Waluyo, menjelaskan, pelayanan kesehatan menjadi salah satu manfaat yang diterima masyarakat Konkep terkait pelaksanaan TMMD ke-108. Menurut dia, petugas kesehatan dari Denkesyah Kendari dan Puskesmas Wawonii Barat mendatangi warga dari pintu ke pintu, lantaran akses di lokasi minim transportasi.

Selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan, sambung dia, satgas juga memberikan sosialisasi tentang dampak pandemi Covid 19, serta membagikan masker bagi penduduk di dusun tersebut. “Melalui layanan kesehatan ini diharapkan ke depan TNI akan selalu dekat dan dicintai rakyat karena TNI dilahirkan dari rakyat,” ucap Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement