Jumat 24 Jul 2020 21:53 WIB

Minahasa Tenggara Laksanakan Belajar Tatap Muka

Bupati instruksikan belajar tatap muka usai daerahnya jadi zona hijau

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Bupati Minahasa Tenggara instruksikan belajar tatap muka usai daerahnya jadi zona hijau. Ilustrasi.
Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Bupati Minahasa Tenggara instruksikan belajar tatap muka usai daerahnya jadi zona hijau. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MINAHASA TENGGARA - Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap menginstruksikan jajaran pendidikan untuk kembali memulai proses belajar mengajar secara tatap muka. Instruksi itu diterbitkan setelah daerah tersebut berstatus zona hijau.

"Saya perintahkan supaya segera dimulai proses kegiatan belajar mengajar secara tatap muka bagi yang tidak terjangkau dalam metode dalam jaringan (daring)," kata James di Ratahan, Jumat.

Baca Juga

Ia mengungkapkan meski belum secara langsung dilaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah, namun para guru wajib melakukan kunjungan ke rumah siswa. "Caranya guru-guru dengan menggunakan APD mengunjungi di rumah-rumah siswa dan memanfaatkan halaman luas sebagai ruangan terbuka agar siswa bisa dikumpul paling tidak lima pelajar untuk diberikan pembelajaran," jelasnya.

James juga menegaskan proses belajar mengajar dari setiap siswa jangan dibebankan kepada orang tua, tapi wajib dilaksanakan oleh para guru. "Sebagai catatan, setiap guru harus membawa papan tulis dan spidol masing-masing di setiap tempat yang menjadi ruang belajar terbuka," ujarnya.

Meski sudah dinyatakan zona hijau, namun pembelajaran tatap muka tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 belum benar-benar tuntas di Kabupaten Minahasa Tenggara. "Ini harus menjadi perhatian semua kepala sekolah dan guru-guru sehingga kegiatan belajar bisa efektif dan anak didik tidak lagi keluyuran ke sana kemari selama masa jam pembelajaran karena diawasi," tandas James.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement