Kamis 23 Jul 2020 04:42 WIB

Warga Kampung Cilimushideung Garut Terbantu Akses Internet

Adanya fasilitas internet murah sangat membantu warga khususnya pelajar

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad
Warga memanfaatkan jaringan internet yang disediakan salah seorang  Badan Usaha Milik Kampun Kampung Cilimushideung, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut.
Foto: istimewa
Warga memanfaatkan jaringan internet yang disediakan salah seorang Badan Usaha Milik Kampun Kampung Cilimushideung, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sejumlah warga di Kampung Cilimushideung, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, merasa terbantu dengan akses internet murah yang disediakan Badan Usaha Milik Kampung (Bumka) Cilimushideung. Akses internet yang disediakan Bumka Cilimushideung dapat dinikmati secara tak terbatas hanya dengan Rp 33 ribu per bulan per pengguna.

Salah seorang siswa kelas XII SMA Al Madinah Cibatu, yang memanfaatkan akses internet itu, Syakila Nurhilmi (17) mengaku sangat terbantu dengan adanya jaringan internet di kampungnya. Apalagi, saat ini ia harus melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring.  "Harganya murah," katanya.

Biasanya untuk penggunaan internet selama satu bulan, ia harus menghabiskan uang Rp 75 ribu untuk membeli pulsa. Itu pun sinyal sulit didapatkannya, sehingga terkadang menggangu proses belajar.

Menurut dia, selama KBM secara tatap muka di sekolah ditiadakan, jaringan internet sangat penting bagi para siswa. Sebab, seluruh materi pelajaran disampaikan secara daring."Alhamdulillah sekarang ada intenet yang harganya jauh lebih murah," kata dia.

Salah seorang pemanfaat lainnya, Nazmi Aulia Nursamsi (15), siswi kelas 10 SMK PGRI Selaawi, juga merasakan kegunaannya. Menurut dia, adanya jaringan internet yang murah dan mudah membuat siswa gampang melakukan proses KBM secara daring.

"Biasanya kalau mau lancar harus beli paket yang 90 ribu. Adanya internet di sini lebih murah dan kecepatannya juga enggak jauh beda," katanya, Rabu (22/7).

Warga di kampung itu telah dapat mengakses internet dengan mudah dan rumah, berkat inovasi salah seorang warga, Budi Hermawan (44). Ia menggagas kampungnya menjadi kampung agar warga dapat melek internet. 

Menyediakan internet yang murah bukan perkara mudah di Kampung Cilimushideung. Ia menyebut, selama ini hanya jaringan internet dari provider tertentu yang dapat diakses warga kampung itu. Harga kuota internet yang ditawarkan juga terbilang mahal untuk warga. 

Karenanya, Budi berinovasi untuk membangun jaringan sendiri, lantaran wilayah Kampung Cilimushideung ini tak terjangkau akses fiber optic. Ia menjelaskan, pihaknya bergotong royong membangun jaringan untuk warga dengan meyambungkan ke jaringan provider yang tersedia. "Jadi sekarang warga dapat mengakses internet dengan murah. Insyaallah dua bulan lagi akan dibuat gratis," kata Budi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement