Jumat 17 Jul 2020 13:17 WIB

Jokowi Berduka Atas Banjir di Masamba dan Sorong

Presiden mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya untuk korban banjir

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Evakuasi korban banjir bandang Masamba Luwu Utara
Foto: Istimewa
Evakuasi korban banjir bandang Masamba Luwu Utara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka citanya kepada para korban bencana banjir bandang di Sungai Masamba di Kabupaten Luwu Utara. Banjir ini juga menelan korban jiwa dan menyebabkan belasan ribu warga mengungsi.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan duka citanya terhadap korban banjir dan longsor di Kota Sorong, Papua Barat. Bencana ini juga menelan adanya korban jiwa.

"Presiden mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya untuk korban di Masamba Luwu Utara juga korban banjir di Kota Sorong Papua Barat," ujar Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, Jumat (17/7).

Menurut Fadjroel, Jokowi telah menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono agar segera menangani bencana ini.

"Presiden memerintahkan Menteri Pupera untuk segera turun ke Luwu Utara," tambahnya.

Seperti diketahui, bencana banjir bandang menerjang enam kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi ini mengakibatkan Sungai Masamba meluap pada Senin (13/7).

Keenam kecamatan yang diterjang banjir bandang adalah Kecamatan Masamba, Kecamatan Baibunta, Kecamatan Malangke, Kecamatan Malangke Barat, Kecamatan Baibunta Selatan, dan Kecamatan Sabbang.

Sedangkan, bencana banjir dan longsor Kota Sorong, Papua Barat, pada Kamis (16/7) malam menyebabkan tiga jiwa meninggal dunia. Banjir melanda lima kecamatan, yakni Sorong Utara, Sorong Timur, Malaimsimsa, Sorong Barat dan Sorong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement