Kamis 16 Jul 2020 09:34 WIB

Dokter Ingatkan Zona Hijau Bukan Berarti Bebas Covid-19

Warga diminta berhati-hati saat memutuskan untuk melakukan perjalanan.

Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Warga yang tinggal di daerah-daerah dalam zona hijau Covid-19 diminta tidak lengah. Masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dr Taufik Ramadhan Biya, SpPD, yang sehari-hari bertugas di RSUD Zainal Umar Siddiki Gorontalo Utara dan RSUD dr Hasri Ainun Habibie, mengatakan berada di zona hijau bukan berarti bebas dari risiko penularan virus corona.

"Kita harus mewaspadai penyebaran virus ini sebab banyak juga yang tidak menunjukkan gejala, untuk itu menerapkan protokol kesehatan sangat dianjurkan," ujarnya, Kamis (16/7).

Dia mengemukakan pentingnya pelaksanaan sosialisasi berlanjut mengenai protokol pencegahan Covid-19 dengan melibatkan puskesmas dan tokoh masyarakat, di samping peningkatan kegiatan pemeriksaan dan pelacakan kasus.

Taufik menyebut, seluruh unsur dalam masyarakat sebaiknya bahu-membahu mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit tersebut.

                               

Di samping itu, Taufik mengingatkan warga agar berhati-hati dalam memutuskan untuk melakukan perjalanan. "Jika tidak memiliki gejala tentu aman, namun jika bergejala agar segera memeriksakan diri di fasilitas kesehatan yang disiapkan pemerintah," kata dia.

Taufik juga menekankan pentingnya warga menjaga kesehatan tubuh. Caranya, dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur selama masa pandemi. "Soal makanan tidak ada yang spesifik, namun sebaiknya mengonsumsi makanan sehat" ujarnya.

                               

                       

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement