Rabu 01 Jul 2020 07:35 WIB

Kodiklatad Terima Bantuan 1.000 Raid Test dan 500 APD

Bantuan guna membantu aparat TNI dan pemerintah dalam penanggulangan wabah Covid-19.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dimasa pandemi Covid-19, berbagai pihak  baik aparat TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat serta industri, bahu-membahu dalam upaya penanganan wabah global ini. Di antara pihak  swasta yang turut berpartisiasi dalam penanganan wabah ini yaitu PT Kirana Jaya Lestari dan  PT Inti Daya Mandiri Pratama. Keduanya menitipkan bantuan berupa rapid test dan alat pelindung diri (APD). Penyerahan bantuan dilakukan Selasa (30/6) bertempat di  Ruang Ganesha Mako Kodiklatad, Bandung.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM Putranto. Bantuan berupa 1.000 buah rapid test diserahkan Thomas Ricky Harsono, MBA (PT Kirana Jaya Lestari) dan 500 APD oleh Setiawan Indrapradja (PT Inti Daya Mandiri Pratama). Atas bantuan tersebut, Letjen TNI AM Putranto menyampaikan apresiasinya.

"Saya merasa terhormat karena bantuan ini merupakan bentuk kepedulian bersama guna membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19, " ujar dia dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Rabu (1/7).

Putranto mengatakan, Kodiklatad bertugas pokok menyelenggarakan pembinaan doktrin, pendidikan, latihan,  dan pengkajian dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Darat. Selain menjalankan tugas pokok, kata dia, Kodiklatad juga turut membantu masyarakat melalui bhakti sosial. "Kami berikan bantuan dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, bekerja sama dengan aparat kewilayahan setempat," tutur dia.

Sementara itu, Nana Wijaya selaku koordinator pengusaha yang turut membantu dalam penyerahan bantuan mengatakan, ia dan rekan-rekan pengusaha merasa terpanggil untuk membantu aparat TNI dan pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19.

“Saya dan rekan-rekan merasa perlu untuk mengambil bagian dalam membantu  meringankan beban pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan semoga donasi yang disampaikan melalui Kodiklatad ini bermanfaat bagi tenaga medis yang bertugas dalam penanganan wabah Covid-19,” ujar dia. 

Selama masa pandemi Covid-19, Kodiklatad telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanganan wabah Covid-19. Diantaranya bekerja sama dengan PT Famindo Inovasi Teknologi (FIT) dengan menyalurkan 1.000 APD dan 25.000 masker serta 4.500 masker dari PT Harita bagi tenaga medis di Pusdik serta rumah sakit di wilayah Jakarta, Bogor dan Bandung.  

Selanjutnya kegiatan donor darah pada tanggal 13 - 17 April 2020 menghasilkan sebanyak 750 kantong darah dan pada tanggal 23 – 26 Juni 2020 menghasilkan sebanyak 680 kantong darah didistribusikan di PMI Kota Bandung, PMI Kota Bogor, PMI Kota Malang dan PMI Kabupaten Ogan Komering Ulu (anggota dari Puslatpur Kodiklatad). Serta diadakan pula bhakti sosial meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19 sekitar jajaran Pusdik masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement