Senin 29 Jun 2020 00:35 WIB

Lantik Pengurus, Affandi: PB HMI Kritis terhadap Pemerintah

HMI akan selalu berjuang untuk mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil 'Alamiin.

Rep: Ali Mansur / Red: Agus Yulianto
Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Bambang Soesatyo

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam - Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) Affandi Ismail secara langsung memimpin ikrar pelantikan dan sumpah kepada 95 pengurus dari 21 komisi periode 2020-2022. Dalam sambutannya, Affandi meminta PB HMI kritis terhadap pemerintah terlebih kebijakan yang tidak pro terhadap rakyat.

“PB HMI akan selalu kritis dan konstruktif terhadap semua kebijakan negara atau pemerintah baik pusat maupun daerah, bilamana kebijakan tersebut jelas merugikan rakyat Indonesia dan negara pada umumnya dan ummat Islam pada khususnya,” tegas Affandi, Sabtu (28/6).

Affandi mengaku, bersyukur pelantikan pengurus dapat terlaksana dengan lancar meski digelar di tengah pandemi. Adapun tema kepengurusan periode ini yaitu ‘Gerakan Insan Ulil Albab Berjuang Mewujudkan Insan Ulil Albab’.

Menurutnya, tema tersebut merupakan gambaran dari apa yang menjadi visi misi PB HMI periode 2020-2022 dan sesuai dengan rekomendasi Kongres HMI ke-32 di Kendari, Sultra beberapa waktu lalu.

“Tema kepengurusan sudah sesuai dengan Visi dan Misi. Tema ini berkesesuaian juga dengan rekomendasi Kongres HMI ke-32 di kota Kendari, baik itu dalam konteks rekomendasi internal maupun eksternal,” katanya.

Selanjutnya, mantan Bendahara Umum PB HMI periode 2015-2017 ini mendorong, agar semua potensi yang dimiliki HMI dalam melakukan perubahan. Menurutnya, semua potensi baik individu dan kelompok harus dimanage dalam satu wadah besar yang bernama HMI. Kata Affandi, melalui kegiatan perkaderan basic training, intermediate training mauou advance trainning. "Kemudian ini yang akan melahirkan Insa Ulil Albab sebagaiamana tujuan HMI. HMI akan selalu berjuang untuk mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil 'Alamiin,” ujarnya.

Bambang Soesatyo yang turut menyampaikan sambutan, mendorong kader HMI dapat mengambil peran sebagai generator dan dinamisator pembangunan. Menurutnya, HMI harus senantiasa menyiapkan kader tangguh yang bisa menjadi nahkoda maupun awak kapal yang bisa saling bekerjasama, membawa bahtera selamat dari berbagai badai yang menghantam.

Dikatakan Bamsoet, bahtera hanya akan mampu bertahan apabila seluruh awak turut serta bahu membahu bekerja sama menyelamatkan bahtera. Apalagi, penumpang bahtera adalah pemuda yang berlabel mahasiswa. 

"Ke depan, akan banyak dinamika, tantangan, dan liku-liku perjuangan dalam menjalankan organisasi, kalian harus menyiapkan diri sejak sekarang,” tutur Bamsoet.

Acara pelantikan pengurus yang digelar di Pandopo Bupati Tangerang, Jumat (26/6) selain disaksikan langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, dan Koordinator Majelis Nasional KAHMI, Sigit Pamungkas yang turut hadir lewat secara virtual dalam acara ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement