Kamis 25 Jun 2020 11:05 WIB

Panti Yatim Gelar Webinar Parenting

Pembekalan hadapi new normal.

Panti Yatim Gelar Webinar Parenting
Foto: Panti Yatim Indonesia
Panti Yatim Gelar Webinar Parenting

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--LAZ Panti Yatim Indonesia (PYI) menggelar webinar parenting bertema ‘Pola Pengasuhan Anak Di Masa Pandemi dan Bersiap Menghadapi New Normal’ beberapa waktu lalu. Seminar melalui aplikasi Zoom ini ditayangkan secara langsung di Facebook maupun youtube Panti Yatim Indonesia. Direktur LAZ Panti Yatim Indonesia, Irawan dalam siaran pers PYI mengungkapkan diadakannya kembali webinar parenting ini tidak hanya untuk mengedukasi para orangtua yang menyaksikan tentang pentingnya peran mereka dalam mendidik anak. Tetapi juga bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada bapak dan ibu asrama Panti Yatim Indonesia dalam persiapan menghadapi new normal.

Pada webinar kali ini Panti Yatim Indonesia menghadirkan kembali Elly Risman, Psi sebagai pembicara dan Zhi Alatas sebagai pembawa acara selama seminar. Elly Risman  mengatakan masalah rumah tangga yang tidak bisa diatasi adalah akibat dari tidak disiapkannya kedua pasangan untuk menjadi orangtua. ''Kalau kita mau mengasuh anak yang harus dibenahi terlebih dahulu siapa?, jawabannya ya ayah dan ibunya,'' ungkap Elly. Karena yang menjadi masalah adalah banyak calon ayah yang tidak dipersiapkan menjadi ayah saat memasuki rumah tangga. ''Begitu juga calon ibu yang tidak dipersiapkan menjadi seorang ibu ketika memasuki rumah tangga,'' tambahnya.

Ia menyayangkan orangtua dahulu, yang mempersiapkan anaknya hanya dalam masalah kesuksesan secara akademis, bisa mendapat pekerjaan dan punya reputasi yang baik di luar rumah. Sedangkan untuk menjadi orang tua yang baik, anak hanya mengandalkan apa yang ia lihat dari kedua orangtuanya.

Untuk meluruskan masalah tersebut, meningkatkan kualitas diri merupakan hal pertama yang harus kedua orangtua lakukan untuk mempersiapkan keluarga dalam menghadapi new normal. Selain aktif menjadi psikolog dan trainer, saat ini Elly Risman mengaku sedang disibukkan dengan mengurus Yayasan Rumah Keluarga Risman yang ia dan keluarganya kelola.

Sementara Zhi Alatas mengatakan, jika selama tiga bulan terakhir pada masa pandemi ini, banyak dari orangtua yang dibuat kaget dan bingung dalam mendidik anak. Pasalnya, sebagian dari mereka banyak menemui masalah baru dalam rumah tangga. Mereka juga tidak mengerti pola asuh seperti apa yang tepat, agar setiap anggota keluarga terutama anak siap menghadapi new normal. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement