Rabu 24 Jun 2020 23:54 WIB

Gugus Tugas Pekanbaru Tes Swab 166 Warga di Tiga Kecamatan

Selain tes usap dilakukan juga rapid test di Kecamatan Bukit Raya.

Tenaga medis mengambil sampel saat tes usap (swab test) Covid-19.
Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Tenaga medis mengambil sampel saat tes usap (swab test) Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA PEKANBARU -- Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru, Riau melakukan tes usap (swab test) bagi 166 warga di tiga kecamatan untuk gelombang kedua dalam upaya menekan penyebaran virus mematikan itu di kota setempat.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi mengatakan 52 orang di tes usap di Puskesmas Rumbai yang meliputi Kecamatan Rumbai Pesisir dan Kecamatan Rumbai.

Berikutnya 99 orang di uji usap di Puskesmas Sidomulyo, Kecamatan Tampan dan 15 orang di tes usap di Kantor Kecamatan Bukit Raya. "Selain itu, juga sudah dilakukan rapid test terhadap 35 orang di Kecamatan Bukit Raya," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru H Firdaus meminta warganya jujur saat memeriksa kesehatan, baik di fasilitas kesehatan maupun di rumah sakit, ini penting guna meminimalisasi penyebaran Covid-19 yang kembali muncul sejak beberapa hari terakhir.

"Ketika kita sudah tahu terinfeksi Covid-19 itu tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga keluarga dan masyarakat lainnya, sehingga perlu diantisipasi dengan cepat dan kejujuran sangat dibutuhkan," kata Firdaus.

Ia menekankan ketika warga jujur dalam menyampaikan keluhan saat memeriksa kesehatan, bisa diberikan penanganan secara cepat oleh tenaga medis.

"Kalau kita terjangkit, bisa diberi penanganan secara dini sehingga lebih mudah dan lebih cepat disembuhkan. Oleh sebab itu, warga diimbau agar tetap waspada pada saat menjalankan setiap aktivitas dan jujur kepada diri sendiri serta petugas medis, sehingga kita bisa selamat dan terhindar dari virus itu," katanya.

Selain itu, warga juga diminta selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, dan menghindari keramaian, jaga jarak fisik dan sosial.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement