Sabtu 20 Jun 2020 22:15 WIB

Lawu Park Tawangmangu Mulai Dibuka

The Lawu Park ditutup sejak 18 April 2020 dan baru dibuka hari ini.

Ilustrasi.
Foto: Disporaparbud Purwakarta
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Objek wisata The Lawu Park yang terletak di lereng Gunung Lawu tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mulai dibuka pertama kali pada Sabtu (20/6) di tengah pandemi. Pembukaan dilakukan dengan prosedur protokol kesehatan Covid-19.

Manajemen The Lawu Park Tawangmangu yang menawarkan berbagai wahana permainan rekreasi yang banyak diminati wisatawan dengan memperketat penjagaan terutama para pengunjung dengan menerapkan protokol kesehatan, antara lain mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan diukur suhu badannta dengan thermogun.

Menurut Manager The Lawu Park Tawangmangu Anggun Nila Monica The Lawu Park yang ditutup sejak 18 April 2020 karena dampak pandemi Covid-19, dan baru Sabtu ini, mulai diizinkan dibuka kembali untuk umum dengan prosedur protokol kesehatan untuk mencegah poenyebaran virus.

"Sebelumnya simulasi dilakukan selama dua hari, yakni pada Kamis (18/6) dan Jumat (19/6), serta jumlah pengunjung rata-rata sebanyak 175 orang per hari. Kami, Sabtu ini, sudah dibuka untuk umum dengan pengunjung mencapai 400 orang," kata Anggun Nila Monica.

Namun, kata Anggun, pihaknya dengan tatanan kehidupan baru atau normal baru menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yakni menjaga jarak, mengenakan masker, dan menyediakan banyak tempat untuk cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer untuk para pengunjung.

Bahkan, para petugas The Lawu Park dalam melayani pengunjung juga pengenakan masker dan alat pelindung wajah untuk mencegah penularan penyebaran Covid-19.

Selain itu, juga membatasi jumlah pengunjung maksimal sekitar 500 orang per hari. Sedangkan, kapasitas Lawu Park mencapai 1.000 orang hingga 1.500 orang per hari. Jumlah pengunjung selama Covid-19, dibatasi sekitar 50 persen orang per hari.

"Pada hari biasa atau sebelum pandemi, pengunjung bisa mencapai 1.000 hingga 1.500 orang per hari. Pengunjung di Lawu Park hanya ditarik retribusi Rp20 ribu per orang," kata Anggun.

Dia mengatakan Lawu Park Tawangmangu pada pembukaan perdana di tengah pandemi Covid-19 ini, menawarkan wahana baru untuk para pengunung yakni tempat berswafoto sinema tiga dimensi dan kolam salju.

Wahana lainnya yang dapat disuguhkan kepada para pengunjung, antara lain hutan bersalju, taman kelinci, taman domba, tempat bermain, tembatan jalatunda, hutan anggrek, swafoto deck, spot swafoto tematik, lokasi kamping, resto dan cafe.

Selain itu, Lawu Park juga menawarkan wahana out bond flying fox, jaring laba-laba, trail adventure dan Jeep adventure dengan menikmati pemandangan pegunungan dengan udara yag sejuk.

Kendati demikian, pihaknya berharap semua pengunjung di The Lawu Park Tawangmangu tetap mematuhi dengan menerapan protokol kesehatan. Petugas penarik tiket masuk di area juga telah menyiapkan masker gratis bagi pengunjung yang tidak pengenakan masker.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement