Rabu 17 Jun 2020 16:31 WIB

Pasien Covid-19 Sembuh Setelah Dirawat 2,5 Bulan

Pasien tersebut merupakan pasien Covid-19 terlama yang dirawat di RSUD dr Moewardi.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Warga melintas di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020).
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Warga melintas di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi, Cahyono Hadi, didampingi Wakil Direktur Pelayanan, telah menyerahkan kembali pasien Covid-19 yang sudah dirawat di RSUD dr Moewardi selama dua setengah bulan, Rabu (17/6). Pasien tersebut merupakan pasien Covid-19 terlama yang dirawat di RSUD dr Moewardi.

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD dr Moewardi, Eko Haryati, mengatakan, pasien berjenis kelamin laki-laki dan berumur 48 tahun tersebut beralamat di Sukoharjo dan merupakan pasien rujukan dari RSUD Sukoharjo pada 3 April 2020.

"Saat ini pasien sudah dinyatakan sembuh, tidak ada gejala serta hasil pemeriksaan swab negatif," jelasnya melalui keterangan tertulis.

Dia menambahkan, pasien tersebut datang dengan keluhan batuk sejak dua pekan sebelum masuk rumah sakit. Gejala lainnya yakni demam. Pasien tersebut mempunyai riwayat berpergian ke Surabaya kurang lebih satu setengah bulan sebelum ada keluhan.

Kemudian, pada 1 April 2020 pasien mondok di RSUD Sukoharjo karena keluhan batuk. Setelah hasil rapid test menyatakan reaktif, kemudian pasien tersebut dirujuk ke RSUD dr Moewardi pada 3 April 2020.

"Pasien dirawat di ruang Isolasi RSUD dr Moewardi selama dua setengah bulan, pasien pernah mengalami gagal nafas dan pasien dirawat dengan protokol penanganan pasien Covid-19 serta pemberian transfusi plasma konvalesen," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement