Selasa 16 Jun 2020 20:23 WIB

Bantu Pasokan PMI, 400 Personel Polisi Donorkan Darah

Donor darah menjadi aksi produktif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bantu Pasokan PMI, 400 Personel Polisi Donorkan Darah (ilustrasi).
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Bantu Pasokan PMI, 400 Personel Polisi Donorkan Darah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUBANG — Ratusan personel polisi di Kepolisian Resor (Polres) Subang mendonorkan darahnya, Selasa (16/6). Donor darah ini merupakan kegiatan Bakti Sosial Polri Peduli Covid-19 dalam rangka Hut Bhayangkara Ke-74 Tahun 2020.

Kapolres Subang AKBP Teddy Hanani mengatakan sebanyak 400 personel mengikuti donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Donor darah menjadi aksi produktif yang bermanfaat bagi masyarakat. “Jumlah personil yang melaksanakan kegiatan sebanyak 400 Personel,” kata Kapolres di Markas Polres Subang, Selasa (16/6).

Menurutnya, aksi donor darah ini agar Polri bisa ikut berkontribusi menjaga pasokan kebutuhan dari bagi masyarakat. Seperti diketahui masa Pandemi Covid-19 ini banyak PMI di daerah-daerah yang kekurangan pasokan darah karena berkurangnya pendonor.

Ia menuturkan para pesonel yang ikut mendonorkan darah sebelumnya menjalani serangkaian tes kesehatan. Setelah dinyatakan sehat maka bisa ikut mendonorkan darah.

“Personil melaksanakan donor darah dengan proses ada tes tensi darah, tes HB. Jika semua proses dinyatakan bisa melaksanakan donor darah, maka dilanjutkan dengan pengambilan darah,” tuturnya.

Selain untuk membantu masyarakat, tambahnya, donor darah juga membantu para pesonel kepolisian lebih bugar karena darah baru akan diproduksi kembali. Sehingga aparat polisi bisa tetap menjalankan tugas dengan fit dan sehat.

Hal serupa juga dilaksankan Polres Karawang. Menyambut HUT Bhayangkara yang ke 74, Polres Karawang menggelar donor darah di aula Mako polres Karawang. Kegiatan donor darah itu diikuti oleh Wakapolres Karawang Kompol Ahmad Faisal Pasaribu bersama dengan para pejabat utama dan perwira serta anggota Polres.

 ”Kegiatan donor darah Ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 74. Donor darah kali ini juga, merupakan bentuk empati terhadap masyarakat. apalagi saat sekarang, ditengah pandemi seringnya stok darah kosong dan masyarakat yang kesulitan mendapatkan pendonor. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Wakapolres. 

Ia menuturkan Bakti kesehatan tersebut merupakan bentuk partisipasi sosial kepada yang membutuhkan darah. Sehingga pihaknya akan menyumbangkan darah hasil donor tersebut ke PMI untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement