Jumat 12 Jun 2020 13:13 WIB

Rapid Test Massal Digelar di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya

Sekira 100 pedagang Pasar Cikurubuk diperiksa Covid-19

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Rapid test massal digelar di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Jumat (12/6).
Foto: dok. Istimewa
Rapid test massal digelar di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Jumat (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menggelar uji cepat (rapid test) Covid-19 massal di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Jumat (12/6). Sekira 100 pedagang yang berjualan di pasar terbesar di wilayah Priangan Timur itu.

Tim Surveilans Epidemiolog Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasik, Ari Kusmara mengatakan, rapid test massal itu digelar untuk memastikan bahwa pasar-pasar di Kota Tasikmalaya bebas dari penyebaran Covid-19. Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya juga telah melakukan rapid test massal di Pasar Pancasila pada Rabu (10/6).

"Target kita hari ini 100 orang. Nanti hasil rapid test -nya dikabarkan melalui ponsel ke masing-masing pedagang yang melakukan rapid test," kata dia, Jumat.

Ia mengatakan, hasil rapid test sengaja tak diumumkan secara langsung di pasar. Hal itu dilakukan agar tak terjadi kegadugah warga. Namun, penanganannya akan dilakukan dengan serius jika ada yang hasilnya reaktif.

Ari menambahkan, tes massal tak hanya akan di lakukan di pasar tradisional. Ke depannya, lanjut dia, Dinas Kesehatan berencana menggelar tes massal di pasar modern.

Selain melakukan tes massal, Ari mengatakan,pihaknya juga memberi edukasi, baik kepada pedagang maupun pembeli agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab, hingga saat ini vaksin Covid-19 belum juga ditemukan.

"Yang penting aktivitas tetap taat protokol kesehatan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement