Selasa 09 Jun 2020 15:01 WIB

Hujan Deras Sebabkan Banjir di Selatan Sukabumi

Saat hujan deras Sungai Cihaur tak mampu menampung debit air.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Sawah tergenang banjir (Ilustrasi)
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
Sawah tergenang banjir (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana banjir melanda pesisir selatan Kabupaten Sukabumi, Senin (8/6) sore. Dampaknya, kejadian itu merendam puluhan hektare areal pertanian dan merusak kolam ikan warga.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana ini terjadi setelah wilayah selatan Sukabumi diguyur hujan deras. Dampaknya, aliran Sungai Cihaur, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, meluap.

"Sungai Cihaur itu mengalami pendangkalan," ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman kepada wartawan, Selasa (9/6). Sehingga ketika terjadi hujan deras, maka terjadi peningkatan volume air yang akhirnya tidak tertampung dan meluap.

Bencana ini kata Eka, berdampak pada kolam ikan yang di tanami benih ikan mas kurang lebih 500 kilogram. Selain itu sawah warga kurang lebih 20 hektare habis tergerus banjir.

Eka menuturkan, petugas telah dikerahkan ke lokasi bencana untuk membantu penanggulangan bencana. Ke depan BPBD berharap adanya perhatian warga dan aparat sekitar terhadap kondisi aliran sungai yang dangkal.

Lebih lanjut Eka mengatakan, di saat hujan deras warga di sekitar lokasi aliran sungai harus waspada. Sehingga ada langkah antisipasi ketika terjadi luapan sungai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement