Jumat 05 Jun 2020 20:34 WIB

Kasus Covid-19 Menurun di 16 Provinsi

Provinsi DKI Jakarta dan Jabar termasuk di antara provinsi yang menurun kasusnya.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Ada 16 provinsi yang kasus Covid-19 mulai menurut, salah satunya adalah DKI Jakarta. Foto, warga menutup jalan saat sosialisasi pelaksanaan PSBL di RT 05 RW 04, Petamburan, yang merupakan wilayah zona merah COVID-19 di Jakarta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ada 16 provinsi yang kasus Covid-19 mulai menurut, salah satunya adalah DKI Jakarta. Foto, warga menutup jalan saat sosialisasi pelaksanaan PSBL di RT 05 RW 04, Petamburan, yang merupakan wilayah zona merah COVID-19 di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana tugas Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal mengungkap, hasil penilaian zonasi daerah berdasarkan indikator masyarakat aman dari Covid-19 yang masih bertambah dan sudah menurun. Ia mengatakan, ada 16 provinsi yang gambaran kasus Covid-19 cenderung menurun dari hari ke hari.

"Kasus yang semakin lama semakin menurun tergambar di provinsi Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Lampung, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara," kata Safrizal saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (5/6).

Baca Juga

Sedangkan, daerah atau provinsi yang penilaian R0-nya masih di atas angka satu atau menggambarkan kasus masih bertambah ada 18 provinsi. Antara lain, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimatan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

"Penilaian ini dilakukan dari grafik yang menunjukan kasus dari periode Mei hingga 4 Juni lalu," katanya.

Ia mengatakan, saat ini juga ada 102 daerah yang belum terdampak kasus Covid-19. Daerah ini sedang menuju pedoman masyarakat produktif namun aman dari virus Covid-19.

Sementara 85 kabupaten/kita masih berada di zona memiliki risiko tinggi atau merah, 180 kabupaten/kota memilik risiko sedang dan 139 lainnya zona kuning.

"Dimana terdapat 102 kabupaten/kota yang tidak atau belum memiliki kasus dan sudah siap new normal. Untuk 139 daerah kuning, terhadap daerah ini tetap berlaku pedoman pokok dimana kebijakan berdasarkan data terkini dan kesiapan daerah (untuk menuju new normal, Red)," katanya.

Karena itu, setiap daerah diminta secara periodik mengevaluasi dan mengupdate data kasus serta mempersiapkan daerahnya menuju tatanan new normal. Ia juga meminta daerah memperkuat mitigasi dari transmisi penyebaran virus Covid-19. "Waspadai gelombang kedua, dimana kadang-kadang naik turun maka dilakukan penguatan masif testing dan agresif tracing," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement