Jumat 05 Jun 2020 19:56 WIB

Empat Puskemas di Kudus Bisa Tangani Pasien Covid-19

Empat puskesmas di Kudus dapat menangani pasien Covid-19 jika RS rujukan kewalahan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Empat puskesmas di Kudus dapat menangani pasien Covid-19 jika RS rujukan kewalahan. Ilustrasi.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Empat puskesmas di Kudus dapat menangani pasien Covid-19 jika RS rujukan kewalahan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS - Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memiliki empat puskesmas yang dinilai bisa diperkuat untuk membantu penanganan lanjut pasien Covid-19. Keempat puskemas itu bisa dimanfaatkan ketika rumah sakit rujukan kewalahan.

"Untuk sementara ini sejumlah rumah sakit yang ada di Kabupaten Kudus masih mampu menangani pasien Covid-19 sehingga di Kudus belum ada puskesmas yang dipersiapkan secara khusus menangani pasien Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Joko Dwi Putranto di Kudus, Jumat.

Baca Juga

Alasan menunjuk empat puskesmas tersebut lantaran sarana fisik bangunannya cukup mendukung. Di sana tersedia ruang rawat inap maupun sarana dan prasarana lainnya. Dari sisi jumlah tenaga kesehatannya juga lebih banyak daripada Puskesmas yang tidak memiliki fasilitas rawat inap.

Keempat Puskesmas yang dimaksud yakni Puskesmas Jekulo, Puskesmas Kaliwungu, Puskesmas Undaan, serta Puskesmas Dawe. Kalaupun nantinya harus dipersiapkan membantu penanganan Covid-19, maka dibutuhkan ruangan isolasi khusus untuk menangani pasien dalam pengawasan (PDP) corona karena selama ini belum tersedia.

"Sumber daya manusia (SDM) di Puskesmas juga harus dipersiapkan, terutama untuk penanganan pasien Covid-19," ujarnya.

Meskipun belum sepenuhnya siap, semua Puskesmas di Kudus sudah siap membantu pencegahan penyebaran virus corona di masyarakat. Selama ini di masing-masing Puskesmas juga memiliki program untuk mengajak masyarakat membiasakan pola hidup sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement