Rabu 03 Jun 2020 03:26 WIB

Gugus Tugas Cek Simulasi New Normal di 23 Mal Bandung

Pengecekan akan dilakukan terhadap 23 mal dari Selasa (2/6) hingga Jumat (5/6)

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna meninjau sejumlah toko di mal Kota Bandung yang menerapkan simulasi protokol kesehatan, Selasa (2/6).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna meninjau sejumlah toko di mal Kota Bandung yang menerapkan simulasi protokol kesehatan, Selasa (2/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Gugus tugas pencegahan covid-19 Kota Bandung mengecek simulasi new normal atau kebiasaan baru di sejumlah toko-toko yang berada di dalam mal di masa pandemi corona. Pengecekan akan dilakukan terhadap 23 mal dari Selasa (2/6) hingga Jumat (5/6) mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan telah memantau simulasi new normal atau kebiasaan baru di tiga mal yaitu PVJ, BIP dan BEC. Pihaknya membagi dua tim untuk mengecek simulasi tersebut di pusat-pusat perbelanjaan.

"Saya lihat hari ini PVJ dan BIP secara umum cukup puas dengan kesiapan pengelola mal dengan berbagai variasi, inovasi dan kreativitas (kebiasaan baru," ujarnya saat meninjau mal BIP, Selasa (5/6).

Menurutnya, pengelola PVJ dan BIP sudah menerapkan kebiasaan baru di masa new normal. Pengelola menyiapkan pencuci tangan, pengecekan suhu tubuh kepada pengunjung, petugas menggunakan masker, face shield dan sarung tangan.

"Disetiap pintu diwajibkan ada protokol kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu seluruh mal dan jika sudah sesuai standar di era new normal maka bisa dibuka. Namun katanya kebijakan pembukaan merupakan kewenangan Wali Kota Bandung.

Ema menegaskan jika terdapat toko-toko di mal yang melanggar maka akan ditegur namun jika tetap berulah maka pengelola mal yang ditegur. Ia pun berharap pengelola mal secara berkala melakukan rapid tes kepada para pegawainya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan apabila mal boleh beroperasi berdasarkan evaluasi simulasi new normal 23 mal maka beberapa tempat yang tetap tidak boleh dibuka yaitu bioskop, tempat mainan anak, dan spa.

"Semua tenant boleh dibuka dengan kapasitas 30 sampai 50 persen pengunjung," ungkapnya. Saat ini pihaknya akan mengecek simulasi new normal mal hingga Jumat mendatang dimana hasilnya akan dilaporkan Sekda Bandung ke Wali Kota Bandung.

"Nanti pak sekda melaporkan kebijakan apakah boleh tidak usah menunggu PSBB proposional tidak beres? Dilihat hasil simulasi 23 mal (kebijakannya) ada di wali kota," katanya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement