Jumat 29 May 2020 12:01 WIB

Kota Tangerang Masih Godok Skema Siswa Belajar di Sekolah

Kota Tangerang masih godok skema siswa belajar di kelas setelah PSBB.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah (kanan)
Foto: Antara/Fauzan
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, saat ini pihaknya masih menggodok lagi soal persiapan siswa yang akan kembali belajar di sekolah. Hal ini termasuk mempersiapkan skenario untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) menjelang berakhirnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Tangerang.

"Untuk aturan bagi siswa yang akan kembali bersekolah, kami belum mengeluarkan aturan terkait hal tersebut karena masih menunggu arahan dari pusat," kata Wali Kota Arief dalam keterangannya, Jumat (29/5).

Baca Juga

Arief menuturkan, sistem pembelajarannya akan diatur menyesuaikan dengan protokol kesehatan, seperti fasilitas bangku dan meja serta penataan murid hanya boleh sebanyak 50 persen dari kapasitas yang ada. "Intinya masih akan kita bahas dan simulasikan ke depan seperti apa," kata Wali Kota Tangerang.

Ia melanjutkan, Pemerintah Kota Tangerang masih terus mempersiapkan sejumlah skenario untuk PPDB menjelang berakhirnya PSBB di Kota Tangerang. Saat ini Pemkot Tangerang melalui Dinas Pendidikan sedang mempersiapkan aturan dan skema untuk memudahkan proses PPDB tahun ajaran 2020/2021.

"Sebentar lagi akan ada penerimaan siswa baru. Kita siapkan seluruhnya secara online," ujar Wali Kota Tangerang.

Menyinggung hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Masyati Yulia menjelaskan bahwa jalur PPDB tahun ini tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. "Masih kita bagi menjadi empat jalur yakni, jalur zonasi, jalur afirmasi, dan perpindahan orang tua. Kemudian, bagi siswa SMP ditambah dengan jalur prestasi," katanya.

Masyati menjabarkan setiap persentase jalur PPDB sebagai gambaran peta penerimaan siswa. "Presentase untuk jalur zonasi pada tingkat SD sebesar 80 persen, namun untuk tingkat SMP hanya 50 persen. Kemudian, pada jalur afirmasi SD dan SMP sebesar 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen, dan jalur prestasi bagi PPDB SMP sebesar 30 persen," ungkap Masyati.

Melengkapi informasi sebelumnya, untuk penerimaan siswa didik baru, masyarakat Kota Tangerang dapat mengakses laman ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau melalui aplikasi Tangerang LIVE.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement