Selasa 26 May 2020 18:10 WIB

PLN Sambungkan Listrik 7 Desa di Provinsi Riau

Melistriki daerah pelosok memiliki kendala medan yang sulit.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ilham Tirta
Pemasangan jaringan listrik. (Ilustrasi).
Foto: Antara/Basri Marzuki
Pemasangan jaringan listrik. (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Idul Fitri 1441 H terasa berbeda bagi warga di tujuh desa di Provinsi Riau. Lampu-lampu penerangan kini menemani warga melewati malam lebaran setelah PLN berhasil menyambungkan listrik ke dusun tersebut.

Tujuh desa tersebut yaitu Desa Batu Sasak di Kabupaten Kampar, Desa Teluk Merbau, Terusan Kempas, Hibrida Jaya, Hibrida Mulia, dan Tanjung Simpang di Kabupaten Indragiri Hilir serta Desa Pulau Topang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Hal ini menjadi kado Idul Fitri dari PLN untuk masyarakat Riau, masyarakat dapat merayakan lebaran dengan nyalanya listrik,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Daru Tri Tjahjono melalui siaran persnya, Selasa (26/5).

Untuk melistriki tujuh desa ini, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) lebih dari 53,35 kilometer sirkit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) lebih dari 52,02 kms, dan 24 Unit Gardu Distribusi (Trafo) dengan jumlah Daya 1.525 kiloVolt Ampere. Daru menjelaskan, membangun infrastruktur kelistrikan ke daerah-daerah terpencil memiliki tantangan tersendiri, khususnya terkait akses jalan untuk mencapai ke lokasi.

 

“Sesungguhnya melistriki ke pelosok negeri itu merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Kendala geografis yang paling berpengaruh, harus menyeberangi lautan, menelusuri sungai-sungai, melewati jalan yang tidak setapak. Tidak jarang, tiang, kabel, dan material listrik lainnya digotong, diangkat, dibawa sendiri oleh Petugas PLN tanpa menggunakan mesin dalam melewati medan yang sulit,” ungkap Daru.

Dalam video conference peyalaan perdana desa berlistrik yang dilaksanakan, Sabtu (23/5), Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan apresiasi atas kerja keras PLN dalam menerangi Provinsi Riau. “Kami atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN membuat negeri ini menjadi terang benderang walaupun ditengah pandemik Covid-19” kata Syamsuar.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement