Sabtu 02 May 2020 01:10 WIB

Jalan Ambles di Jakarta Timur akan Diperbaiki Mulai Sabtu

Jalan Munggang, Kramat Jati, Jakarta Timur ambles sepanjang 40 meter sejak Rabu.

Jalan ambles (ilustrasi). Jalan Munggang, Kramat Jati, Jakarta Timur ambles pada Rabu (29/4) saat terjadi luapan Kali Ciliwung.
Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Jalan ambles (ilustrasi). Jalan Munggang, Kramat Jati, Jakarta Timur ambles pada Rabu (29/4) saat terjadi luapan Kali Ciliwung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengemukakan perbaikan Jalan Munggang yang ambles sepanjang 40 meter di Kramat Jati akan dimulai Sabtu (2/5). Ia menjelaskan, proses perbaikan paling tidak berlangsung tiga sampai empat hari.

"Mulai besok pagi alat berat turun," kata Anwar saat meninjau kerusakan jalan itu, Jumat.

Baca Juga

Anwar mengatakan, alat berat akan mengeruk retakan tanah yang ambles untuk selanjutnya dilakukan pengerasan. Selain itu, Anwar juga meminta Sudin Sumber Daya Air (SDA) mendesain alur air agar peristiwa jalan ambles di lokasi itu tidak terulang kembali.

"Lokasi jalan ambles ini memang ada di pertemuan air saat Kali Ciliwung tinggi meluap dan tergenang di jalan. Cari elevasi terendahnya segera pasang saluran ke kali terdekat," katanya.

Jalan ambles itu juga mengakibatkan sebagian bangunan semi permanen di sisi jalan miring dan sebagian nyaris ambles. Anwar mengatakan, sudah ada enam bangunan kontrakan yang bersedia untuk dikosongkan.

"Sebab bangunan ini tidak etis, merusak estetika kota," kata Anwar.

Peristiwa jalan ambles dilaporkan sejak Rabu (29/4), saat terjadi luapan Kali Ciliwung akibat hujan deras. Selama terjadi retakan jalan, warga setempat menutup sementara akses jalan bagi lintasan mobil, kecuali sepeda motor masih diperbolehkan melintas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement